nusabali

Wasit Buruk Bikin Indonesia Sulit Maju

  • www.nusabali.com-wasit-buruk-bikin-indonesia-sulit-maju

Pelatih PSMS Medan Peter Butler menilai, sepakbola Indonesia tak akan berkembang, karena wasit masih tidak professional dan buruk dalam memimpin pertandingan.

BOGOR, NusaBali
Peter Butler pun tak mempermasalahkan timnya kalah, namun tidak melalui situasi ‘dikerjai’ wasit’. "Situasi seperti itu tidak bagus untuk sepak bola Indonesia. Kalau Anda orang jujur, harusnya Anda malu. Hal ini tidak bagus bagi sepakbola Indonesia," kata pelatih asal Inggris itu.

Butler mengungkapkan kekecewaan terhadap kepemimpinan wasit Doni Setia Purnama dalam laga melawan PS Tira di Stadion Pakansari, Rabu (5/12) malam. Menurut Butler, kekalahan timnya terjadi karena buruknya kepemimpinan wasit.

Hal senada juga diungkapkan pemain PSMS Medan Shohei Matsunaga. Pemain asal Jepang itu tak mampu menyembunyikan kekecewaannya terhadap kinerja wasit. Laga berjalan ketat sejak awal laga. Sampai pada menit ke-10, wasit mengeluarkan kartu merah untuk Shohei Matsunaga karena melanggar gelandang PS Tira, Ahmad Nufiandani.

Tak cukup sampai situ, wasit  juga beberapa kali membuat keputusan yang kontroversial dan merugikan PSMS. Menurut Shohei, hal semacam ini yang membuat sepak bola Indonesia susah maju.

"Pada pertandingan hari ini saya pikir (buruknya kepemimpinan wasit) sangat kelihatan sekali. Saya sejak tahun 2011 bermain di Indonesia dan kalau seperti itu susah adanya kemajuan untuk sepakbola Indonesia," kata Shohei Matsunaga dalam konferensi pers seusai laga. "Para pemain sudah bersemangat, akan tetapi ada yang bantu dengan cara seperti itu. Membuat pemain kesulitan (untuk meraih kemenangan) dan saya juga kecewa," ujar pemain 29 tahun itu. *

loading...

Komentar