nusabali

Siswa Posko DO dan Siswa Berprestasi Dapat Bantuan

  • www.nusabali.com-siswa-posko-do-dan-siswa-berprestasi-dapat-bantuan

Sebanyak 358 orang siswa yang tertampung dalam Posko Drop Out, di Kabupaten Buleleng, Jumat (7/12) kemarin kembali menerima bantuan biaya sekolah.

SINGARAJA, NusaBali
Selain siswa Posko Drop Out (DO), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga juga menyerahkan reward kepada 47 orang siswa yang berjaya mengharumkan nama Buleleng di tingkat provinsi dan nasional.

Ratusan siswa Posko DO, selain menerima bantuan uang saku Rp 1,2 juta pertahun, juag mendapatkan fasilitas antar jemput khusus di untuk puluhan siswa posko DO, di SMPN 3 Gerokgak. Selain juga bantuan seragam sekolah tiga stel dan tas bagi siswa kelas VII.Kepala Dinas Disdikpora Buleleng, Gede Suyasa, mengatakan posko DO sejak awal dibuka adalah upaya Pemkab Buleleng untuk memberikan akses serta kwalitas pendidikan yang layak kepada siswa yang tidak mampu. Sehingga angka putus sekolah di Buleleng dapat ditekan. “Bantuan ini juga memotivasi mereka untuk lebih semangat sekolah dan berprestasi juga dan juga membangun komitmen bersama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Buleleng,” ucap dia.

Suyasa pun menjelaskan sejauh ini faktor yang menjadi penyebab utama anak putus sekolah di Buleleng ada berbagai macam foktor. Mulai dari faktor keluarga, ekonomi, geogradi hingga lingkungan. Sehingga Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui leading sector Disdikpora Kabupaten Buleleng, memiliki tanggung jawab untuk menuntaskan masalah tersebut.

Sementara itu dari 358 siswa poso DO yang menerima bantuan, sebnayak 124 orang siswa dari 21 sekolah di antaranya adalah angkatan tahun 2017. Sedangkan sisanya sebanyak 234 orang dari 36 SMP di Buleleng terjaring di tahun 2018.

Sedangkan bagi puluhan siswa berprestasi di Buleleng diberikan penghargaan untuk meningkatkan semangat berprestasi. Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Setda, Ni Made Rousmini, SSos, menyampaikan pemberian reward dan bantuan kepada siswa posko DO dan berprestasi di Buleleng merupakan upaya meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan di Kabupaten Buleleng.

“Dengan bantuan ini, kesempatan untuk mengenyam pendidikan bagi siswa siswi keluarga pra sejahtera  lebih banyak, untuk peningkatan mutu pendidikan di Buleleng,” ungkap Rousmini. *k23

Komentar