nusabali

Capres Dinilai Masih Terjebak Isu Sensasional

  • www.nusabali.com-capres-dinilai-masih-terjebak-isu-sensasional

Selama dua bulan masa kampanye Pilpres 2019, kedua pasangan capres-cawapres dinilai belum menampilkan kontestasi terkait program atau gagasan yang ditawarkan.

JAKARTA, NusaBali

Peneliti dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Rully Akbar menuturkan, hingga saat ini baik tim kampanye pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, masih berkutat pada isu-isu sensasional dan tidak substantif. Padahal, ia melihat kedua pasangan calon memiliki program yang diprediksi dapat menambah elektabilitas.

"Kedua pasangan capres-cawapres sebenarnya mempunyai program yang disukai dan sangat bisa menambah elektabilitas. Tapi tim kampanye kurang mengangkat program itu," ujar Rully di kantor LSI, Jakarta Timur, Kamis (6/12). Rully menilai hingga saat ini pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin belum mengkampanyekan program secara maksimal. Pasalnya seluruh program yang ditawarkan, tidak ada satupun yang menjadi pembicaraan dan ramai diberitakan oleh media massa.

Berdasarkan hasil survei LSI pada 10 hingga 19 November 2018, terdapat enam program pasangan Jokowi-Ma'ruf yang telah diketahui oleh masyarakat. Rata-rata di atas 50 persen responden mengetahui keenam program Jokowi-Ma'ruf. Keenam program tersebut adalah Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, beras sejahtera, Program Keluarga Harapan, pembangunan infrastruktur dan pembagian sertifikat tanah.

Namun keenam program tersebut tidak masuk dalam daftar isu yang ramai diberitakan media maupun dibicarakan di media sosial. Begitu juga dengan pasangan Prabowo-Sandiaga. Menurut Rully, dari 1.200 responden yang disurvei, tidak sampai 30 persen yang mengaku pernah mendengar atau mengetahui lima program Prabowo-Sandiaga.

Kelima program tersebut adalah program OK OCE dinasionalkan, Gerakan Emas atau Emak-emak dan Anak Minum Susu, program terkait larangan impor, program menaikkan gaji PNS dan pengangkatan guru honorer.

"Program-program Prabowo-Sandiaga tersebut tidak masuk dalam hot issue. Ini kekurangannya, tidak masuk dalam debat program tapi lebih kepada hal-hal yang lebih sensional," kata Rully dilansir detik.com.

Sementara, berdasarkan data strategic room LSI Denny JA, ada 10 isu yang ramai di media sosial dan pemberitaan media online, yakni: 1. Hoaks Ratna Sarumpaet 2. Pembakaran bendera 3. Tampang Boyolali 4. Politik Sontoloyo 5. Politik genderuwo 6. 4 Tahun Kepemimpinan Jokowi 7. Janji Esemka 8. Game of Thrones Jokowi 9. Sandiaga lompat makam 10. Jokowi gratiskan Suramadu. "Akibatnya dua bulan masa kampanye program dikalahkan oleh isu sensasional dan tidak substantif," tutur Rully. *

Komentar