nusabali

Hujan Deras, Beringin Tua Tumbang

  • www.nusabali.com-hujan-deras-beringin-tua-tumbang

Selain timpa bangunan, pohon beringin juga tutup jalan menuju Desa Perean, Kecamatan Baturiti, Tabanan

Timpa Palinggih dan Rumah Warga hingga Rusak Parah

TABANAN, NusaBali
Sebuah pohon beringin berdiameter 60 centimeter tumbang timpa Palinggih Apit Surang Pura Pasar Agung dan rumah I Wayan Alit Arta Wiguna di Banjar Cau, Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan. Pohon tumbang diketahui, Sabtu (8/12) dini hari sekitar pukul 01.00 WITA. Tumbangnya pohon beringin yang sudah berusia tua itu dipicu hujan deras pada, Jumat (7/12) malam hingga Sabtu dinihari kemarin.

Kerusakan yang terdata pada bangunan milik Wayan Alit Arta Wiguna, yakni bale saka ulu, bale bengong, bale bandung (bale daja), dan panyengker Padmasana. Keseluruhan bangunan ini kerusakannya cukup parah hingga ditaksir kerugian mencapai Rp 150 jutaan. Sementara Palinggih Apit Surang Pura Pasar Agung rata dengan tanah.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan, I Putu Trisna Widiatmika menjelaskan, berdasarkan informasi warga pohon tumbang diperkirakan terjadi pada, Sabtu dinihari saat hujan mengguyur Tabanan. Di samping itu juga karena pohon beringin tersebut sudah tua, usianya diperkirakan sudah ratusan tahun. "Palinggih Pura dan bangunan rumah warga kena imbas," ujar Widiatmika.

Menurutnya, bangunan warga yang kena imbas juga parah. Karena sebagian bangunan tertimpa pohon beringin tersebut. Mengingat pohon beringin ini tumbuhnya di selatan rumah warga tersebut. "Selain timpa bangunan, pohon beringin juga tutup jalan menuju Desa Perean, Kecamatan Baturiti, Tabanan," tegasnya.

Namun evakuasi pohon sudah dilakukan bersama dengan Polisi yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Tabanan Kompol Rahmawati Izmail, personel TNI, BPBD Tabanan dan masyarakat setempat. Pohon dengan diameter hampir 60 centimeter tersebut akan dipergunakan oleh warga setempat. Sehingga BPBD membantu dalam memotong menggunakan mesin.

Trisna menambahkan, akibat hujan deras mengguyur Tabanan, juga berimbas pada bangunan milik warga bernama Alim di Perumahan Griya Bali, Banjar Gubug Belodan, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan. Bangunan rumah tersebut jebol lantaran di sampingnya terdapat sungai. "Tidak ada korban jiwa, pemilik tinggal di Denpasar, tadi kami warga yang menginformasikan," tegasnya.

Terkait dengan kerugian tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepala BPBD Tabanan untuk mengkoordinasikan dengan perbekel agar dibantu dibuatkan proposal. "Nanti kami koordinasi secepatnya," tandas Widiatmika. *de

Komentar