nusabali

Pemkab Klungkung Raih Peringkat ke-6 Nasional

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-raih-peringkat-ke-6-nasional

Melalui 10 Program inovatifnya, Pemkab Klungkung kembali meraih penghargaan di tingkat nasional.

Innovative Goverment Award 2018


SEMARAPURA, NusaBali
Kali ini penghargaan diraih di ajang Innovative Goverment Award 2018 yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan berupa piagam ini diterima Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta langsung dari Mendagri RI, Tjahjo Kumolo di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Jumat (7/12) malam.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengaku bangga karena Klungkung yang baru pertama kali mengikuti lomba ini, sudah mampu masuk nominasi sepuluh besar dan berada pada peringkat ke 6 serta menyisihkan puluhan kabupaten lain di Indonesia.

Namun di sisi lain, Bupati Suwirta juga menyatakan sedikit kecewa karena video saat wawancara yang berisi pemaparan keunggulan program inovasi serta pengakuan nasional terhadap program tersebut tidak ditampilkan.

Sedangkan seluruh video para nominator lainnya ditampilkan secara utuh. Saat ditanyakan terkait video tersebut para panelis dan panitia mengaku tidak tahu menahu.

Berbeda dengan lomba Inovasi Pelayanan Publik 2018 yang digelar Menpan RB yang fokus pada keunggulan dan orisinalitas program, di ajang Innovative Goverment Award 2018 ini penilaian menitik beratkan pada jumlah kuantitas program yang didaftarkan, bukan kualitas dan orisinalitas dari program inovatif yang diciptakan.

Para pemenang dalam lomba ini bahkan mengirimkan 150-600 program untuk bisa menjadi juara. Klungkung yang pertama kali turun dan mengirimkan 10 program unggulan mampu masuk peringkat ke enam.

Belajar dari hal ini maka Bupati Suwirta mengaku akan mengajak seluruh OPD lebih inovatif menciptakan program inovasi yang berkualitas sesuai dengan bidang kerja masing masing.

Program mampu memberikan output dan out come bagi masyarakat, mudah diduplikasi serta memberikan manfaat yang besar untuk kesejahteraan masyarakat.

"Semoga tahun depan kita bisa lebih baik dan yang tidak kalah pentingnya bisa meningkatkan tambahan DID (dana insentif daerah) untuk mempercepat pembangunan," ujarnya. *wan

Komentar