nusabali

Tanpa Anggaran, Kinerja BPBD Tak Maksimal

  • www.nusabali.com-tanpa-anggaran-kinerja-bpbd-tak-maksimal

Tanpa anggaran sewa alat berat, kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem dalam penanganan bencana tidak maksimal.

AMLAPURA, NusaBali

Terbukti BPBD tidak menangani sejumlah titik tanah longsor yang menutupi akses jalan raya di Karangasem. BPBD tanpa anggaran dan biaya operasional imbas dari gagalnya pembahasan APBD Perubahan tahun 2018.

Bencana longsor tanpa penanganan BPBD ada di Banjar Belong, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis dan Banjar Nangka, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem. “Kami tidak punya anggaran sewa alat berat, biaya BBM, dan biaya operasional lainnya. Makanya kami tidak bisa menangani tanah longsor yang mestinya menggunakan alat berat,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Senin (10/12).

BPBD sudah mengusulkan anggaran untuk biaya operasional, mengantisipasi bencana tanah longsor, pohon tumbang, banjir, dan bencana lainnya. Usulannya di APBD Perubahan 2018. Di luar dugaan APBD Perubahan tanpa pembahasan. “Imbasnya, BPBD tidak bisa maksimal tangani bencana,” ungkap Ida Bagus Ketut Arimbawa. Ditambahkan, BPBD saat ini hanya memiliki 3 chainsaw (gergaji mesin) dalam keadaan baik. Sisanya rusak. Penanganan pohon tumbang juga tidak maksimal karena keterbasan alat.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataran Ruang Karangasem, I Ketut Sedana Mertha, meluruskan BPBD yang memerlukan alat eskavator bukanlah sifatnya sewa. “Sepanjang ada permohonan, alat berat digunakan bisa dimanfaatkan. Hanya saja, BPBD wajib membiayai operasional berupa BBM dan sewa tenaga operator,” jelas Sedana Mertha. Dijelaskan, alat berat di Dinas PUPR berfungsi ganda, untuk kepentingan sosial yang dibutuhkan masyarakat atau disewakan untuk menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Rencana ke depan, BPBD mengajukan anggaran untuk pengadaan alat berat. Sehingga tidak perlu lagi pinjam ke Dinas PUPR, jika memerlukan alat berat, manakala terjadi bencana tanah longsor. *k16

Komentar