nusabali

Pangdam Pimpin Penghijauan di Lempuyang

  • www.nusabali.com-pangdam-pimpin-penghijauan-di-lempuyang

Pangdam IX Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, memimpin penghijauan menanam 2.000 pohon di areal Pura Sad Kahyangan Lempuyang, Banjar Purwayu, Desa Tri Buana, Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (11/12).

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 2.000 pohon itu terdiri dari masing-masing 1.000 bibit cempaka dan majegau. Tanaman ini berfungsi untuk kelengkapan upacara Hindu. Penghijauan ini untuk merayakan Hari Juang Kartika.

Dalam aksi penghijauan kemarin juga dihadiri Kasdam Brigadir Jenderal TNI Kasuri, Danrem 163/WSA Kolonel Inf Arh AM Suhariadi, Danderma Kodam Kolonel Arm Eka Edi Wijayanto, Dandim Letkol Inf Benny Rahadian, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Kajari I Nyoman Sucitrawan, Kapolsek Abang AKP I Nyoman Wiranata, Bendesa Pakraman Purwayu I Nyoman Jati, dan seratusan anggota TNI. Acara diawali dengan apel HUT Hari Juang Kartika di parkir Pura Sad Kahyangan Lempuyang di Banjar Kemuda.

Usai apel dilanjutkan dengan pengobatan gratis, disusul rombongan Pangdam IX Udayana melaksanakan pamuspaan di Pura Telaga Mas Lempuyang. Terakhir menggelar penghijauan di jalur Pura Penataran Sad Kahyangan Lempuyang hingga Pura Telaga Mas. Anggota TNI juga melakukan bersih-bersih di sepanjang kawasan suci Pura Sad Kahyangan Lempuyang.

Pangdam IX Udyana Mayjen TNI Benny Susianto menitip pesan kepada Bendesa Pakraman Purwayu, I Nyoman Jati, agar menjaga kelangsungan hidup tanaman sehingga bermanfaat untuk masyarakat. Selain berfungsi untuk perindang, menambah resapan air, bunga yang tumbuh bisa untuk upacara dan jika telah besar bisa ditebang, kayunya untuk kebutuhan bangunan. “Kami memperingati Hari Juang Kartika sambil melakukan bhakti sosial bidang kesehatan, donor darah, penghijauan, dan bersih-bersih,” jelas Mayjen TNI Benny Susianto.

Penghijauan juga bertujuan mengedukasi masyarakat agar menjaga lingkungan, menjaga tanaman, dan melakukan bersih-bersih. “Kami datang hanya sebatas memotivasi masyarakat, sebab masyarakat yang memiliki wilayah, menikmati wilayah itu, jika masyarakat secara rutin menjaga kebersihan, sangat baik untuk kelangsungan hidup yang bersih dan sehat,” jelasnya.

Bendesa Pakraman Purwayu, I Nyoman Jati, mengapresiasi perhatian TNI melakukan penghijauan dan kegiatan pengobatan gratis. “Kami siap menjaga kelangsungan tanaman yang ditanam TNI,” jelas Nyoman Jati. Sementara Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa juga berjanji mengingatkan Bendesa Pakraman Purwayu agar secara kontinyu menjaga seluruh tanaman yang ditanam anggota TNI. *k16

Komentar