nusabali

Mainan Impor 'Serbu' Bali

  • www.nusabali.com-mainan-impor-serbu-bali

Kadin mengingatkan agar masyarakat khususnya konsumen cermat dan waspada terhadap produk mainan impor. Peringatan tersebut terkait ‘serbuan’ dan maraknya produk permainan impor yang masuk ke Bali.

Kadin Minta Konsumen Berhati-hati
 

DENPASAR, NusaBali
Indikasinya data impor dari BPS pada Oktober 2018 menunjukkan produk permainan mendominasi impor Bali. Setelah itu, posisi kedua produk perhiasan dan permata. Lalu ketiga impor mesin dan peralatan mekanik.

Dari total  impor Bali sebesar 19,4 juta dollar AS pada Oktober lalu, kontribusi impor produk mainan 18,27 persen. Disusul impor produk perhiasan / permata di posisi kedua sebesar 10,72 persen disusul produk mesin dan perlengkapan mekanik  9.58 persen.

“Memang Bali juga merupakan pasar potensial produk mainan impor,” ujar Ketua DPD Kadin Bali Anak Agung Ngurah  Alit Wiraputra, Selasa (11/12).

Pebisnis asal Desa Dalung, Kuta Utara, Badung  menunjuk penjualan aneka jenis produk mainan yang gampang ditemukan. Mulai toko maupun outlet produk mainan, sampai dengan pedagang mainan keliling.

“Sejak dulu  gampang ditemui,” ujar Alit Wiraputra.Mulai dari produk mainan yang lumrah mobil-mobilan, boneka hingga produk lainnya. Itu karena konsumen produk mainan impor memang potensial.”Kalau tidak ada pangsa pasar  kan tidak mungkin diimpor,”ujar Alit Wiraputra.

Lepas dari besaran impor dan potensi konsumennya, Kadin berharap masyarakat atau konsumen cermat dan waspada ‘mengkonsumsi’ produk permainan impor.”Cermati produk dan kontentnya,” saran Alita Wiraputra.

Pastikan produk mainan tersebut, aman bagi kesehatan dan dampak lingkungan lainnya. “Karena tidak sedikit kemungkinan beredar produk mainan palsu, yang tak jelas standar produksi dan imbasnya bagi konsumen,”ingat Alit Wiraputra. *K17

Komentar