nusabali

Dinas PU Perkim Rencanakan Pengadaan Mobil Tinja

  • www.nusabali.com-dinas-pu-perkim-rencanakan-pengadaan-mobil-tinja

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PU Perkim) Bangli rencanakan pengadaan dua unit mobil tinja di tahun 2019.

BANGLI, NusaBali
Sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan sebesar Rp 1,1 miliar. Mobil tinja ini untuk layanan masyarakat.

Sekretaris Dinas PU Perkim Bangli, I  Made Soma, mengatakan pengadaan mobil tinja masuk dalam kegiatan pembangunan instalasi pengolahan air limbah. Kegiatannya ada di bidang Cipta Karya. Dikatakan, usulan pengadaan mobil tinja sebanyak 4 unit. Pertimbangannya satu unit untuk melayanani satu kecamatan. Soma mengaku tidak tahu apa pertimbanganya sehingga hanya 2 unit yang disetujui. Menurutnya pengadaan mobil tinja sangat penting untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan karena limbah. “Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan upaya memerangi pencemaran lingkungan. Pengadaan mobil tinja salah satu bentuk upaya meminimalkan pencemaran,” ujar Soma, Rabu (12/12).

Guna mengurangi terjadinya pencemaran juga dirancang kegiatan  pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di Banjar Tambahan Kelod, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku dengan anggaran sebesar Rp 750 juta. Penambahan saluran rumah (SR) IPAL di Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku sebanyak 75 SR dengan anggaran Rp 450 juta dan penambahan saluran rumah (SR) IPAL terpusat di Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani  sebanyak 140 SR dengan anggran Rp 840 juta.

Ada juga penambahan saluran rumah (SR) IPAL terpusat di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli sebanyak 76 SR dengan anggaran Rp 456 juta  serta penambahan saluran rumah (SR) IPAL terpusat di Desa Tiga, Kecamatan Susut sebanyak  31 SR dengan anggaran Rp 306 juta. Untuk memdukung aktivitas perekonomian masyarakat, di tahun 2019 Pemkab Bangli akan membangun jembatan yang menghubungkan Desa Selulung dengan Desa Kembang  Sari, Kecamatan KIntamani. Anggarannya sebesar Rp 2 miliar bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Propinsi Bali. *es

Komentar