nusabali

Fasilitas Bermain Anak Diperbanyak hingga Desa

  • www.nusabali.com-fasilitas-bermain-anak-diperbanyak-hingga-desa

Pemerintah Kabupaten Badung merancang akan membangun fasilitas bermain untuk anak-anak di seluruh desa di enam kecamatan.

MANGUPURA, NusaBali
Begitu juga di Puskesmas-puskesmas. Pemkab Badung berharap, dengan sarana bermain, anak-anak dapat lebih aktif dan kreatif. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa saat meresmikan arena bermain yang terletak di samping wantilan Jaba Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung, Kamis (13/12) kemarin. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala KBKS Putu Rianingsih, Ketua Gatriwarta Ayu Parwata, Sekretaris Dinas Pendidikan IB Ananta, Wakil Ketua II Tim PKK Badung Rasniati Adi Arnawa, dinas terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, para guru TK dan orangtua siswa-siswi TK se-Badung.

Menurut Adi Arnawa pada kesempatan tersebut, sarana bermain khusus anak-anak sangat diperlukan. Tentu saja, kata dia, keberadaan sarana bermain tidak saja untuk supaya anak aktif, melainkan demi anak-anak bisa lebih kreatif.

“Ini sangat perlu karena ruang anak untuk bermain sekarang sudah berkurang. Kedepan direncanakan pembangunan untuk taman bermain dilaksanakan di desa-desa, dan di puskemas-puskemas, sehingga anak-anak menjadi lebih aktif dan kreatif,” imbuhnya.

Adi Arnawa menegaskan, pemerintah Kabupaten Badung akan selalu memberi ruang dan tempat bagi masyarakat utamanya anak-anak untuk memiliki tempat bermain yang layak dan mendidik serta nyaman bagi anak. “Kami juga akan merancang dengan beberapa inovasi, seperti adanya diorama, perpustakaan dan taman bacaan, sehingga menunjang tumbuh kembang anak,” tegasnya.

Kabupaten Badung, lanjutnya, tidak hanya membangun fasilitas bermain anak-anak saja, juga akan membangun taman kota yang berlokasi sekitar Penarungan Mengwi. Dimana taman tersebut nantinya dapat dipergunakan tidak hanya sebagi tempat olahraga dan rekreasi oleh masyarakat tua, muda dan anak-anak tapi juga dapat dipergunakan sebagai tempat anjangsana reuni dan bernostalgia oleh para orangtua.

Sementara itu, Kepala KBKS Kabupaten Badung Putu Rianingsih dalam sambutannya mengatakan, tempat bermain untuk anak-anak di areal pusat Pemerintahan Kabupaten Badung ini akan menjadi ruang untuk pembelajaran dalam pembentukan karakter dan pribadi anak tersebut. “Dengan dibangun dan diresmikannya tempat bermain anak yang ramah lingkungan ini dapat menjadikan tempat edukasi dalam membentuk jatidiri anak-anak kita dimasa yang akan datang,” katanya. *asa

Komentar