nusabali

Kebutuhan Pakan Ternak Mencapai Rp 3,1 Miliar

  • www.nusabali.com-kebutuhan-pakan-ternak-mencapai-rp-31-miliar

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan menggelontorkan anggaran besar untuk keberlangsungan sentra peternakan rakyat (SPR) Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi.

MANGUPURA, NusaBali
Tahun ini, anggaran senilai Rp 3,1 miliar sudah disiapkan untuk kebutuhan pakan. SPR Desa Sobangan sudah menjadi sentra perternakan sapi Bali di Badung sejak beberapa tahun lalu.

Kebutuhan pakan ternak ini sudah dalam proses tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), bahkan sejak 5 Desember 2018 lalu. Berdasarkan dokumen tender, secara resmi tender berakhir pada Kamis (13/12) kemarin. Sejauh ini sudah ada 20 rekanan yang menyatakan berminat atas tender tersebut.

Anggaran senilai Rp 3,1 miliar untuk pengadaan ternak tersebut bersumber dari APBD Badung. Sama seperti tahun lalu, pengadaan pakan ternak berupa rumput raja/jerami, jagung, dan pakan konsentrat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pertanian dan Pangan I Putu Oka Swadiana, saat dikonfirmasi membenarkan melakukan tender untuk pengadaan bahan pakan ternak. “Iya, kami lakukan tender untuk belanja bahan pakan ternak. Hari ini adalah hari terakhir tender, sesuai ketentuan dalam dokumen tender,” ujarnya.

Menurut Swadiana, pengadaan pakan ternak yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan selama setahun. “Tahun sebelumnya begitu. Kami akhir tahun lakukan tender, sehingga nanti pemenang tender yang akan menyiapkan pakan ternak selama setahun,” katanya.

“Januari 2019 sudah harus siap pakan ternaknya, sehingga berkesinambangun pemberikan pakannya,” imbuh Swadiana yang notabene Kadis Perikanan Badung ini. *asa

Komentar