nusabali

Libur Nataru Wisatawan Diyakini Melonjak

  • www.nusabali.com-libur-nataru-wisatawan-diyakini-melonjak

Dinas Pariwisata Kabupaten Badung meyakini Natal dan tahun baru (Nataru) akan membawa berkah.

MANGUPURA, NusaBali
Pada saat Nataru nanti diyakini akan terjadi lonjakan kunjungan pariwisata ke Bali khususnya Badung. “Rata-rata kedatangan Wisman per hari di bulan Desember sebanyak 14-15 ribu. Menjelang minggu ke 3-4 akan naik secara siginifikan sampai libur Natal dan tahun baru,” kata Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra, Jumat (14/12) kemarin.

Sampai bulan November 2018 saja, tingkat kunjungan wisatawan telah 6.045.979 orang. “Saya sangat yakin, target kita 6,5 juta wisatawan pada tahun 2018 akan tercapai. Saat ini saja sudah 6.045.979 orang,” imbuh pejabat asal Kuta tersebut.

Lanjut Badra menjelaskan, jika dibandingkan dengan periode (Januari-November) yang sama pada tahun 2017, tingkat kunjungan wisatwan ke Badung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menurut Badra, jika pada tahun 2017 sampai November tercatat 5.575.815 orang, kini tembus 6.045.979 orang. Ini artinya ada kenaikan sebesar 469.164 orang atau sebesar 8,41 persen.

Disinggung proyeksi pada tahun 2019, mantan Kadisnakanlut Badung itu mengatakan, target kunjungan wisatwan tahun depan ditetapkan sebesar 6,8 juta. Masih menurut Badra, dengan berbagai upaya yang telah dirancang, pihaknya meyakini target tersebut bisa terlampaui.

Menurut Badra lagi, pada tahun 2019 berbagai program sudah dirancang, yakni promosi dan pengembangan lima desa wisata dan festival, kegiatan promosi nasional dan internasional, peningkatan kapasitas dan professionalisme SDM pariwisata, pemanfaatan aplikasi digital untuk management dan logistic, pengembangan kampanye layanan masyarakat tentang kebersihan, keamanan, digital (free wifi), public service di bandara dan tempat-tempat strategis bagian dari branding strategi. Kemudian, pengembangan destinasi “Smart City”, yaitu village tourism, digital tourism, cultural tourism, nomad tourism. *asa

Komentar