nusabali

LDD Jaring Pedarma Wacana Muda

  • www.nusabali.com-ldd-jaring-pedarma-wacana-muda

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat melalui Lembaga Dharma Duta (LDD) menggelar lomba Dharma Wacana antar Remaja Hindu se-Jabodetabek pada Minggu (16/12) besok di GOR Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

JAKARTA, NusaBali
Lomba digelar untuk menjaring pedarma wacana muda agar kelak dapat memberikan pencerahan kepada umat Hindu di Pura-Pura.

"Tujuan digelar lomba ini untuk mencari bibit-bibit pedharma wacana anak muda yang memiliki inovasi dan idealisme yang tinggi. Dengan begitu, nantinya kami punya Duta Dharma yang dapat memberikan dharma wacana di Pura-Pura," ujar Ketua Panitia Pelaksana Lomba Dharma Wacana antar Remaja Hindu se-Jabodetabek, Pinandita I Wayan Rajin kepada NusaBali, Jumat (14/12).

Lomba rutin dilaksanakan satu tahun sekali. Tahun ini merupakan ketiga kali. Lomba nantinya dibuka oleh Ketum LDD Made Awanita.

Menurut Pinandita I Wayan Rajin, saat ini sendiri sudah ada pedharma wacana muda. Mereka mendapat kesempatan pula bicara saat piodalan Pura. Kemampuan mereka tidak kalah dengan pedharma wacana dewasa.  Namun perlu di asah lagi agar ke depan betul-betul ada pedharma wacana yang memberi sentuhan dan pencerahan kepada umat Hindu di seluruh Indonesia.

"Diharapkan pedharma wacana anak muda lebih inovatif dan kreatif dalam memberi pencerahan ke umat," jelas Pinandita I Wayan Rajin.

Melalui lomba Dharma Wacama antar Remaja Hindu se-Jabodetabek itulah, lanjut Pinandita I Wayan Rajin, peserta akan dilatih kemampuannya. Lantaran mereka dapat menentukan materi yang akan disampaikan. Mulai dari tattwa (filsafat) agama Hindu, susila (etika) agama Hindu, acara (nyadnya) agama Hindu.

Lalu tentang dana punia menurut Hindu, kepemimpinan Hindu dan sumber hukum Hindu yang ada kaitannya dengan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal suatu daerah. Peserta pun, diwajibkan memberikan materi dharma wacananya dalam bentuk tulisan. Minimal dua halaman dan maximal empat halaman.

Ketika menyampaikan dharma wacana, masing-masing peserta diberi waktu selama 15 menit. Peserta berasal dari banjar se-Jabodetabek, organisasi pemuda, STAH dan paguyuban Majapahid. "Total ada 15 lembaga atau organisasi maupun banjar. Masing-masing mengirimkan dua orang perwakilan sehingga ada 30 peserta," jelas Pinandita I Wayan Rajin. *k22

Komentar