nusabali

Suara Misterius di Langit Pantura

  • www.nusabali.com-suara-misterius-di-langit-pantura

Suara Misterius di Langit Pantura

PEKALONGAN, NusaBali
Warga di sekitar Pekalongan dan sekitarnya, digemparkan oleh raungan suara misterius yang menggaung di angkasa Pekalongan. Terdengar seperti suara pesawat kuno di langit dan merata didengar warga.

Suara itu terdengar sekitar pukul 01.00 WIB, berdurasi kurang dari 20 detik. Dari beberapa pengakuan warga, suara tersebut mirip seperti suara pesawat yang pernah dilihat dalam sebuah film-film perang masa perjuangan kemerdekaan.

"Saya mendengarnya agak jelas. Seperti suara pesawat lawas dalam film-film itu. Suaranya terdengar sekitar 20 detik," kata Wawan warga Kajen, Jumat (14/12) seperti dilansir detik.

Suara yang sama juga terdengar di waktu yang sama oleh Solikhin (45). Warga Kota Pekalongan ini bahkan sempat keluar rumah untuk mencari sumber suara.

"Kebetulan saya lagi di depan rumah. Ada suara aneh dari angkasa saya cari-cari sumber suara, sekitar jam 01.00 WIB lebih dikit. Tapi langit gelap tidak ada signal lampu (pesawat) yang biasanya kedap-kedip di bagian pesawat," jelas dia.

Hal yang sama disampaikan Yogi (32) warga Kajen, kabupaten Pekalongan. Dirinya mendengar suara yang sama di jam yang sama. "Awalnya sayup-sayup karena masih tiduran, semakin lama suaranya menghilang," katanya.

Pagi harinya, ketika Yogi membuka beberapa grup percakapan di media sosial, suara misterius itu sudah ramai menjadi pembahasan.

"Tidak cuma di sini saja (Pekalongan), di sosial media dijelaskan suara serupa terdengar sampai Pemalang, Cirebon, Kendal, Semarang dan Salatiga," kata Yogi.

Entah berkaitan atau tidak, Flight Radar 24 mendeteksi pesawat Antonov An-12BP melintasi Pantura Jawa dan yang saat bersamaan muncul suara misterius di beberapa kota di Jawa Tengah.

Berdasarkan kesaksian warga, Jumat (14/12), suara meraung-raung terdengar sekitar pukul 01.00 WIB. Begitu pula di Kabupaten Semarang. Dari situs Flight Radar 24, pada pukul 05.40 PM UTC atau 00.40 WIB, pesawat Antonov An-12BP dengan nomor registrasi UR-CGW melintas di langit Purwakarta, Jawa Barat, pada ketinggian 15.350 kaki. Pesawat terdeteksi hingga sekitar langit Subang pada empat menit kemudian.

Anehnya, pada situs tersebut, terlihat garis putus-putus saat pesawat diduga melintas di langit Subang hingga Kendal, Jawa Tengah. Pesawat kembali terdeteksi di Kendal dengan ketinggian terbang 23.000 kaki pada pukul 06.14 PM UTC atau 01.14 WIB.

Manajer Operasional AirNav cabang Semarang, Kelik Widjanarko, belum memastikan soal pesawat Antonov An-12BP sebagai sumber suara misterius tersebut.

"Menyampaikan bilamana hal tersebut diyakini baling-baling pesawat bahwa pergerakan pesawat di wilayah udara yang di Indonesia adalah 24 jam bisa sipil atau militer. Jam tersebut AirNav Semarang sudah closed, jadi kami tidak ada data," kata Kelik.*

Komentar