nusabali

Tidak 1 Jalur, Gerindra Minta Suwirta Genjot PAD

  • www.nusabali.com-tidak-1-jalur-gerindra-minta-suwirta-genjot-pad

Sekretaris DPD Gerindra Bali I Wayan Wiratmaja yakin, meski tak satu jalur, Pemprov Bali dan pemerintah pusat akan membantu.

Hari Ini Gubernur Wayan Koster Lantik Bupati–Wabup Klungkung

DENPASAR, NusaBali
Bupati–Wakil Bupati Klungkung terpilih periode 2018–2023 di Pilkada serentak 27 Juni 2018, I Nyoman Suwirta–Made Kasta, akan dilantik Gubernur Bali Wayan Koster, di Gedung Wiswasabha Utama, Kantor Gubernur Bali Niti Mandala Denpasar, Minggu (16/12) pagi ini. Partai pengusung Suwirta–Kasta berharap paket petahana ini tetap genjot PAD dan mengembangkan pariwisata Nusa Penida secara maksimal.

Suwirta–Kasta yang merupakan incumbent di Pilkada Klungkung 2018 diusung Partai Gerindra–Partai Golkar–Partai Demokrat–NasDem, mengalahkan pasangan Tjokorda Bagus Oka–I Ketut Mandia (Bagia) yang diusung PDI Perjuangan.

Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Bali I Wayan Wiratmaja mengatakan Partai Gerindra Bali menyampaikan terima kasih atas dukungan rakyat Klungkung kepada Suwirta–Kasta untuk kedua kalinya. “Kami berterima kasih untuk rakyat Klungkung, karena memberikan kepercayaan kepada petahana yang diusung Gerindra kembali memimpin Klungkung. Kami berharap paket Suwirta bisa melaksanakan program dan pembangunan yang belum bisa dilaksanakan pada periode sebelumnya,” kata Wiratmaja, Sabtu (15/12).

Kata Wiratmaja penekanan Gerindra sebagai partai pengusung supaya Suwirta menggenjot pengembangan pariwisata di Kecamatan Nusa Penida, memeratakan pembangunan di Nusa Penida (Nusa Gede), Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Sehingga pariwisata makin berkembang dan menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) maksimal.

“Selama ini Klungkung kan PAD-nya kecil, sehingga tidak banyak bisa dilakukan untuk pembangunan infrastruktur,” ucap politisi asal Desa Rijasa, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, ini.

Wiratmaja juga mempertegas bahwa Suwirta–Kasta harus menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat secara intensif, menjalin komunikasi sinergis dengan Pemprov Bali supaya program APBD Bali dan APBN bisa maksimal untuk pembangunan di Klungkung. “Ya untuk program infrastruktur itu harus ada dana APBN dan APBD Provinsi, tidak bisa andalkan PAD Klungkung yang kecil. Tetapi menggenjot PAD tetap dilakukan, untuk pogram layanan publik di Klungkung,” tegas Caleg DPRD Bali 2019 Dapil Denpasar ini.

Apakah yakin bisa lobi pusat dan Gubernur Bali, karena Suwirta–Kasta bukan kepala daerah yang secara politis tidak satu jalur? “Bagi kami, pemimpin di Provinsi Bali dan pemerintah pusat pastilah kedepankan kepentingan rakyat. Saya yakin pusat dan Pemprov Bali akan membantu Suwirta–Kasta membangun daerahnya, tanpa embel-embel politis,” tegas Wiratmaja.

Sementara Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Bali Dewa Gede Mahendra Putra di Denpasar, Sabtu kemarin, mengatakan pelantikan Suwirta–Kasta dilaksanakan seremonial di Gedung Wiswasabha Utama dengan mengundang Bupati/Walikota se–Bali. “Pelantikan sudah pasti, Pak Gubernur Bali akan langsung melantik. Yang sudah diundang Bupati/Walikota seluruh Bali,” kata Dewa Mahendra.

Suwirta–Kasta dalam Pilkada Klungkung unggul dengan perolehan suara 92.944 (74,29 persen) dari paket Bagus Oka–Mandia (Bagia) yang memperoleh suara 28.977 (25,71 persen). Suwirta–Kasta ungguli Bagia di seluruh kecamatan yang ada di Klungkung, yakni Kecamatan Nusa Penida, Kecamatan Klungkung, Kecamatan Dawan, dan Kecamatan Banjarangkan.

Sementara Bupati Klungkung Nyoman Suwirta belum bersedia diwawancara perihal program prioritas di periode kedua masa kepemimpinannya lima tahun ke depan. *nat, de

Komentar