nusabali

Sampoerna Dukung Pelaku UKM Indonesia Melalui SETC Expo 2018

  • www.nusabali.com-sampoerna-dukung-pelaku-ukm-indonesia-melalui-setc-expo-2018

Dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, SETC Expo 2018 melibatkan lebih dari 180 UKM se-Indonesia.

DENPASAR, NusaBali.com
Sepak terjang PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) kembali dibuktikan setelah hampir 10 tahun menjadi perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia. Pencapaian 1 dekade ini pula ditandai dengan digelarnya SETC (Sampoerna Entrepreneurship Training Center) Expo 2018 yang berlangsung sejak 15-16 Desember di Gong Perdamaian, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Bali.

Gelaran yang bertajuk ‘New Era Entrepreneurship’ ini bertujuan untuk memfasilitasi dan menyiapkan para pelaku UKM di Indonesia dalam menghadapi tantangan era teknologi digital yang semakin dinamis. Hal itu pulang yang disampaikan oleh Kepala Hubungan Daerah dan CSR Sampoerna, Ervin Laurence Pakpahan, dalam jumpa pers bersama awak media (15/12).

“SETC Expo sendiri sebenarnya bentuk dari komitmennya Sampoerna terhadap UKM di Indonesia sesuai dengan program pemerintah untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan. Bahwa, sekarang dinamikanya di dunia bisnis sudah mulai berubah dan tren sudah mulai berubah. Itu yang sekarang kita coba, untuk menggugah pola pikir rekan-rekan binaan Sampoerna untuk lebih bisa bersaing secara kompetitif,” ungkap Ervin.

SETC Expo 2018 sendiri merupakan sebuah program dalam bentuk pameran dan pelatihan UKM tahunan yang merupakan bagian dari Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna. PPK Sampoerna merupakan program Sampoerna yang berfokus pada sektor UKM. Hingga saat ini, PPK Sampoerna telah mengembangkan sekitar 40.000 wirausahawan di 79 kota/kabupaten di Indonesia. Dalam SETC Expo 2018 ini, lebih dari 180 UKM di seluruh Indonesia dihadirkan dalam lebih dari 90 stan yang memamerkan berbagai produk khas daerah masing-masing.

Acara yang dibuka untuk publik dan menargetkan 6000 pengunjung tersebut dibuka langsung oleh Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. Hadir pula pewakilan Gubernur Bali, yaitu I Gede Indra Dewa Putra, selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, serta jajaran PT HM Sampoerna Tbk.

Foto: Puspayoga (baju putih) Membuka Gelaran SETC Expo 2018 (15/12) - Dok.NusaBali.com

Dalam sambutannya, Puspayoga mengungkapkan apresiasinya untuk Sampoerna karena melalui ‘New Era Entrepreneurship’ ini, Sampoerna menawarkan kiat baru bagi para pelaku UKM untuk lebih kompetitif di era yang serba canggih ini.

“Ini sebuah ungkapan yang tepat yang disampaikan oleh Sampoerna, apa sebab? Dalam revolusi industri 4.0 ini, ini memang era baru untuk para wirausaha kita. Mengapa? Dulu kalau kita produksi barang, kita harus buka toko. Sekarang, hanya dalam genggaman kita punya toko. Itu salah satu wujud revolusi industri ini,” ungkap Puspayoga.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, juga sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah diberikan Sampoerna pada pelaku UKM, khususnya di Bali, dan berharap  kegiatan serupa terus digencarkan agar juga dicontoh oleh perusahaan-perusahaan besar lainnya.

”Kami atas nama pemerintah Bali memberikan apresiasi penghargaan pada PT HM Sampoerna Tbk.  yang telah banyak membantu pemerintah, khususnya dalam melakukan pendampingan dan penguatan kualitas SDM, sehingga produk barang dan jasa yang dibina Sampoerna kualitasnya makin meningkat. Kami berharap PT Sampoerna akan terus memberikan pelatihan ini dengan model pendekatan yang berbeda dari perusahaan-perisahaan lain dan mereka dapat mencontohnya dari CSR-nya PT Sampoerna,” papar Gede Indra.

Tidak ketinggalan pula, SETC Expo 2018 ini juga dikemas dengan berbagai wokshop dan seminar kewirausahaan dari berbagai narasumber nasional yang namanya telah menggaung di telinga publik, seperti Gibran Rakabuming, Pemilk usaha Joger, dan narasumber lainnya. *ph

Komentar