nusabali

KPU akan Tunjuk 8 Panelis Debat Kedua Capres

  • www.nusabali.com-kpu-akan-tunjuk-8-panelis-debat-kedua-capres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menunjuk delapan panelis untuk debat capres putaran kedua.

JAKARTA, NusaBali
Nama-nama panelis yang disiapkan berasal dari berbagai universitas dan masih dikaji oleh kedua timses.

"Nama akan kami umumkan setelah yang bersangkutan dihubungi. Ada dari UI, ITB, IPB, Undip, Walhi, UGM, dan (Universitas) Airlangga. Beberapa nama sudah dimasukkan dalam list. Kami akan sebutkan kalau yang bersangkutan bersedia," ucap Ketua KPU, Arief Budiman saat menyampaikan keputusan rapat dengan masing-masing kubu pasangan calon di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (25/1).

Arief mengatakan finalisasi panelis debat yang ditunjuk akan diumumkan pada hari, Rabu (30/2) pekan depan. Saat ini nama-nama panelis yang disiapkan KPU sudah diserahkan kepada timses Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk dicek rekam jejaknya.

"Kami sampaikan kepada masing-masing pihak untuk ikut tracking atau lacak jejak atau telusuri jejak panelis yang ditetapkan oleh KPU. Kalau ada catatan KPU luput, kita akan koreksi," kata Arief.

Jika tim pasangan calon, baik dari Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandiaga, menemukan track record yang tidak sesuai, calon tersebut akan diganti. Namun semua keputusan ada di KPU.

"Saya kasih, siapa tahu mereka ada catatan. Saya sudah track, siapa tahu ada track yang belum lulus. Mungkin kita akan bikin delapan panelis, KPU yang tentukan," kata Arief dilansir detik.com. Debat kedua mengangkat isu energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan kehutanan, serta infrastruktur. KPU sudah menetapkan Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator debat. Keduanya akan berpasangan memandu debat antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Debat ini akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta pada 17 Februari 2019. *

Komentar