nusabali

Sejak April 2016, 46 Warga Cegeng Sakit DB

  • www.nusabali.com-sejak-april-2016-46-warga-cegeng-sakit-db

Di wilayah Banjar Cegeng, Desa Kertabuana, Sidemen, Karangasem belum pernah ada fogging.

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 46 warga Banjar Cegeng, Desa Kertabuana, Kecamatan Sidemen, Karangasem, terserang demam berdarah sejak April 2016. Lantaran secara geografis Banjar Cegeng lebih dekat ke Kabupaten Klungkung daripada ke Amlapura, ibukota Kabupaten Karangasem, warga yang sakit DB sebagian dibawa berobat ke rumah sakit di Klungkung.

Kelian Banjar Cegeng I Ketut Sulendra menyatakan beberapa kali harus mengantar warganya ke rumah sakit. Terakhir masuk RSUD Klungkung pasien atas nama I Komang Julianta, 24, pada Sabtu (28/5) sekitar pukul 23.00 Wita.

Sulendra ketika dikonfirmasi di kediamannya, Minggu (29/5), menyatakan, selama ini petugas kesehatan belum pernah memberikan bantuan berupa fogging. Dalam waktu dekat Sulendra berencana berkoordinasi dengan petugas Puskesmas Sidemen dan Dinas Kesehatan Karangasem, agar wilayah Banjar Cegeng difogging.

Sebab, 325 KK atau 1.061 jiwa penduduk Banjar Cegeng, khawatir atas banyaknya penderita demam berdarah. Apalagi rata-rata yang jadi korban DB dari keluarga kurang mampu.

Selama sepekan terakhir, kata Sulendra, enam pasien DB menjalani rawat inap di RSUD Klungkung, satu pasien di Puskesmas Sidemen, dan satu pasien di RS swasta di Klungkung.

Beberapa pasien yang masih menjalani rawat inap adalah Ni Ketut Ningsih, 9, Ni Luh Sri, 24, Ni Komang Mariani. “Baru kali ini warga kami terserang DB, apalagi dalam jumlah banyak. Saya pusing memberikan pertolongan, beberapa kali mengantar ke rumah sakit,” jelas Sulendra.

Di bagian lain, Camat Sidemen I Made Kusuma Negara mengaku belum dapat laporan terkait warga di Banjar Cegeng, Desa Kertabuana, terserang DB. “Setahu saya sebulan lalu memang sempat banyak warga terserang DB, tetapi di Banjar Kebung, Desa Tri Eka Buana. Laporan dari Banjar Cegeng, belum ada. Saya sudah berkoordinasi dengan Puskesmas Sidemen,” kata Kusuma Negara.

Kadis Kesehatan Karangasem IGM Tirtayana mengatakan, sepanjang ada laporan warga terserang DB, petugas siap melakukan fogging. Untuk wilayah Kecamatan Sidemen, telah dipantau Puskesmas Sidemen. “Laporan dari Banjar Cegeng belum ada,” ujarnya. 7 k16

Komentar