nusabali

Pemudik Ramai di Malam Hari

  • www.nusabali.com-pemudik-ramai-di-malam-hari

Meski ada antrean, terutama pemudik bersepeda motor, tetapi masih ‘landai’ dan tidak sampai keluar areal pelabuhan.

Arus Mudik di Pelabuhan Padangbai, Karangasem 

AMLAPURA, NusaBali
Pemudik Lebaran 1437 Hijriah/2016, melalui Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, mulai ramai di malam hari. Pemudik didominasi pemotor dan kendaraan pribadi. Tetapi antrean tidak sampai ke luar pelabuhan, masih bisa ditampung di areal pelabuhan.

Petugas Polsek Kawasan Laut Padangbai dipimpin Kapolsek Kompol I Gede wali memimpin Operasi Ramadniya Agung 2016, di Pelabuhan Padangbai, Minggu (3/7).

Petugas telah menyediakan jalur khusus untuk pengendara sepeda motor antre, yakni di depan para pedagang yang telah direlokasi sebelumnya. Di sini diharapkan pemudik bersepeda motor bisa istirahat sejenak sambil menunggu keberangkatan kapal. 

Kompol I Gede Wali mengatakan, walau memasuki H-4, Sabtu (2/7), penumpang yang hendak menyeberang atau yang turun dari kapal masih landai. “Hanya terdapat peningkatan kendaraan di malam hari, tetapi masih landai, tidak sampai terjadi antrean,” katanya.

Petugas gabungan dalam Operasi Ramadniya Agung 2016, melakukan pemeriksaan intensif 24 jam mulai dari Pos I memeriksa identitas penumpang, kendaraan, dan barang bawaan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Lembar. Sedangkan di Pos II memeriksa identitas penumpang, kendaraan, dan barang bawaan yang baru turun di Pelabuhan Padangbai. Khusus di Pos III hanya memeriksa identitas penumpang yang berjalan kaki.

Di bagian lain Kasubsi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai I Gusti Agung Komang Arbawa, mengatakan, dalam hal melayani penumpang mudik Lebaran, hanya mengoperasikan 27 kapal, dan lima kapal masuk dok, yakni KMP Salindo Mutiara, KMP Nusa Bhakti, KMP Rodhita, KMP Perdana Nusantara, dan KMP Putri Yasmin. 7 k16

Komentar