nusabali

Pecalang Mendapat Ilmu Intelejen

  • www.nusabali.com-pecalang-mendapat-ilmu-intelejen

Sekitar 150 perwakilan pecalang dari seluruh desa pakraman/adat di Kabupaten Gianyar mendapat pembinaan ilmu intelejen di Ruang Serba Guna, Polres Gianyar, Sabtu (2/7).

GIANYAR, NusaBali
Kegiatan ini merupakan sinergitas Polri dan desa pakraman untuk mewujudkan stabilitas Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) melalui program Pecalang Inteligent Network (PIN).

PIN bermaterikan tentang tugas dan peran pecalang dalam menjaga Kamtibmas di desa pakraman. Pecalang juga agar memberikan informasi manakala ada permasalahan orang-orang yang dicurigai dapat mengganggu keamanan. Materi disampaikan oleh Kasat Intel Polres Gianyar AKP I Made Budi Astawa SH. 

Salah seorang pecalang dari Desa Pakraman Sumampan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, I Wayan Budiarta mengungkapkan kegiatan ini bisa membantu pecalang dalam melaksanakan tugas. Ilmu yang diterima tentu bisa diterapkan di lingkungan atau wilayah masing-masing. Kemampuan yang dimiliki para pecalang tentu semakin bertambah, kewaspadaan terhadap orang-orang yang mencurigakan yang bisa menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan. "Para pecalang agar semakin mampu membaca situasi lingkungannya," ungkap Budiarta. Kata dia, Gianyar sebagai salah satu tujuan wisata dan banyak pendatang harus mendapat pengawasan mulai dari lingkup paling kecil. 

Pengecekan penduduk pendatang oleh prajuru dan pecalang sebagai langkah menjaga keamanan. Budiarta mengungkapkan kegiatan pelatihan akan diadakan di desa untuk meningkatkan kemampuan perseorangan maupun tim untuk menjaga wilayah Gianyar. 

Kapolres Gianyar AKBP Waluya SIK menjelaskan pecalang merupakan ujung tombak di lapangan bersama Babinsa dan Babinkamtibmas. Pembekalan berupa pengetahuan dan keterampilan, materi intelejen yang diasah. "Kalau ada penduduk pendatang, kumpul-kumpul tidak jelas, ilmu intelejen keluar, pecalang patut curiga," jelas AKBP Waluya.

Sebagai petugas pengamanan ilmu intelejen perlu diasah, lebih peka, dan tau situasi lingkungan. "Mampu memprediksi, bisa menganalisa kemungkin-kemungkinan yang terjadi di wilayahnya," ungkap Kapolres Gianyar. Kata Waluya, koordinasi antara pecalang dengan pihak kepolisian tentu akan semakin dibangun, bersama-sama menjaga keamaan khususnya wilayah Gianyar. Kegiatan mengasah kemampuan para pecalang rencana akan berkesinambungan, bisa menyentuh keseluruhan pecalangan. 7cr62

Komentar