nusabali

Antisipasi Arus Balik, Polda Bali Siapkan X-Ray di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-antisipasi-arus-balik-polda-bali-siapkan-x-ray-di-gilimanuk

Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko pantau arus mudik lebaran di Pelabuhan Gilimanuk, Senin (4/7). 

NEGARA, NusaBali
Polda Bali janjikan pemasangan X-Ray di Pelabuhan Gilimanuk untuk antisipasi dan pantau arus balik lebaran. X-Ray akan didatangkan pada Selasa (5/7) hari ini.  

Menurut Kapolda Irjen Pol Sugeng Priyanto, di Pelabuhan Gilimanuk sempat dipasangi X-Ray, namun alat pemindai itu telah rusak. Alat itu sudah diperbaiki dan siap dioperasikan kembali. Meski dipersiapkan jelang arus balik, bukan berarti arus mudik tanpa antisipasi. “Kesiapsiagaan tetap ektra. Meski masih secara manual dengan metal detector dan mirror set,” ungkap Irjen Pol Sugeng Priyanto.

Sementara Pangdam Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko mengatakan siap membantu menjaga keamanan Bali. Semua pihak harus mengantisipasi arus balik dengan memperketat pengamanan di pintu masuk Bali. Selain menekankan keamanan, Kapolda dan Pangdam sempat menggelar rapat koordinasi seputaran situasi arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk. Secara umum, Kapolda Irjen Pol Sugeng Priyato menilai arus mudik tahun ini berjalan lancar, meski diwarnai antrean menuju Pelabuhan Gilimanuk.

  • Usai berkunjung di Pelabuhan Gilimanuk, Kapolda Bali dan Pangdam IX/Udayana juga pantau pos pelayanan mudik Polres Tabanan di areal parkir Pantai Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan. Para pemudik yang meluncur ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana diharapkan memanfaatkan pos pelayanan ini untuk lepaskan lelah selama perjalanan. “Kami harapkan semua pemudik, jika merasa lelah untuk berisitrahat di pos yang telah disediakan. Jangan sampai mengendarai kendaraan dalam keadaan lelah,” pinta Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto. 

Dikatakan, pos pantau di areal Pantai Soka telah memiliki fasilitas lengkap. Mulai bengkel, tempat istirahat, kantin, restoran, lengkap dengan pemandangan pantai menawan. Kapolda juga mengimbau pemudik selalu berhati-hati dalam perjalanan. Diingatkan tidak membawa muatan melebihi kapasitas kendaraan karena bisa menimbulkan kecelakaan. Terpenting selama perjalanan harus mentaati peraturan lalu lintas. 

Sementara Kapolres Tabanan, AKBP Putu Putera Sadana mengaku telah menyiapakan mobil derek di jalur rawan kecelakaan. Di antaranya di Pos Selabih (Kecamatan Selemadeg Barat) dan Pos Mandung (Kecamatan Kerambitan). “Jalur itu rawan kecelakaan,” ungkap AKBP Putera Sadana. Guna menciptakan rasa aman bagi pemudik yang meninggalkan rumahnya, Polres Tabanan gencarkan patroli. Diingatkan sebelum meninggalkan rumah agar mengunci pintu. Polres Tabanan bersinergi dengan Kodim 1619/Tabanan untuk patroli keamanan. 7 cr61

Komentar