nusabali

Ujicoba Timnas vs Tanzania Tak Masuk Poin Ranking FIFA

  • www.nusabali.com-ujicoba-timnas-vs-tanzania-tak-masuk-poin-ranking-fifa

JAKARTA, NusaBali - Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji memastikan ujicoba Timnas Indonesia melawan Timnas Tanzania tidak memengaruhi poin dan ranking FIFA.

Pasalnya ujicoba Indonesia kontra Tanzania berlangsung di luar kalender FIFA pada 3-11 Juni 2024. Selain itu, pada periode FIFA bulan ini, tim berjulukan Skuad Garuda itu sudah mempunyai agenda, yakni lanjutan laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ya, Indonesia akan menjamu Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat. Sedangkan Indonesia sendiri akan berlatih tanding dengan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta Pusat, pada 2 Juni 2024. Ujicoba itu sebagai persiapan menghadapi laga lawan Irak dan Filipina.

Jadi, apa pun hasil menghadapi Tanzania, termasuk jika Indonesia meraih kemenangan, Skuad Garuda tidak akan mendapatkan poin dan ranking FIFA juga tidak berubah. Per ranking FIFA pada 4 April 2024, Indonesia di posisi ke-134, dan Tanzania peringkat ke-119.

"Uji coba melawan Tanzania tidak masuk perhitungan poin FIFA. Itu hanya untuk uji coba persiapan menghadapi Irak dan Filipina," kata Sumardji. Pelatih Timnas Shin Tae-yong telah menetapkan 22 pemain untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Namun, Skuad Garuda berpeluang buat menambah dua nama lagi. Hanya saja, masih ditutup rapat-rapat mengenai dua pemain yang kemungkinan menyusul Timnas. 

"Menunggu informasi. Nanti akan kami sampaikan. Sementara 22 pemain dulu yang ada di Timnas Indonesia. Yang dua pemain penambahannya akan disampaikan berikutnya," kata Sumardji. *

Komentar