nusabali

Dortmund Siap Akhiri Rekor Fantastis Real Madrid

  • www.nusabali.com-dortmund-siap-akhiri-rekor-fantastis-real-madrid

LONDON, NusaBali - Borussia Dortmund siap mengakhiri rekor fantastis Real Madrid dalam laga final Liga Champions 2023/2024, di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (2/6) dinihari, pukul 03.00 WITA.

Ya, Real Madrid memenangkan delapan final yang diikuti sejak era Liga Champions menggantikan format Piala Eropa pada 1992. Klub ibu kota Spanyol ini juga meraih lima trofi UEFA Champions League (UCL) dalam 10 musim terakhir dengan total 14 trofi, termasul kompetisi Piala Champion Eropa.

Menurut pelatih Dortmun Edin Terzic, setiap rekor ada peluang untuk dipecahkan, tetapi Dortmund harus tampil di level tertinggi. Tezic menegaskan, timnya harus mempunyai keyakinan untuk dapat mencapai hal-hal besar. 

“Kami harus menginvestasikan segalanya untuk membawa trofi kembali ke Dortmund. Itu sudah lama sekali,” kata Terzic. Dortmund meraih trofi Liga Champions pada 1997 dan ke final lagi pada 2013, tetapi kalah dari Bayern Munchen. Dortmund finis kelima di Bundesliga musim ini, dan gagal ke Liga Champions musim depan. 

Namun ada sejumlah hal menarik yang melatarbelakangi duel ini. Salah satunya pertemuan bintang Madrid, Jude Bellingham, dengan mantan klubnya. Selain itu, Bellingham akan berjumpa Jadon Sancho, rekan Inggrisnya, yang diakui berjasa dalam adaptasi di Dortmund.

Selain itu, ada pula 'last dance' dua pemain Jerman, yakni Marco Reus dan Toni Kroos. Bagi Reus, nanti akan menjadi laga terakhirnya bersama Dortmund. Bagi Kroos, juga menjadi laga terakhirnya di level klub sebelum pensiun usai Euro 2024.

Dalam perjalanannya ke final, Dortmund melewati adangan tim rival sekota Real, Atletico Madrid, di perempat final. Madrid juga melibas tiga wakil Jerman, yakni Union Berlin, RB Leipzig, dan Bayern Munchen.

Di Bundesliga musim ini, Dortmund hanya sanggup finis peringkat lima dan Madrid menjadi juara La Liga. Namun Dortmund musim ini bisa dibilang lebih unggul dalam pertahanan. Di UCL, Dortmund mencatat enam clean sheet dan hanya kebobolan sembilan gol. Sedangkan Madrid mengukir tiga clean sheet dan kebobolan 15 gol.

Meski demikian, Madrid lebih difavoritkan, tapi segala kemungkinan bisa terjadi. Contohnya, Bayer Leverkusen dan Manchester City. Di final Liga Europa musim ini, Leverkusen diunggulkan, tapi Atalanta juara. Di FA Cup Inggris, Manchester City sangat difavoritkan, tapi Manchester United yang juara. Itu pengingat bagi Real Madrid untuk mewaspada Dortmund. *

Prediksi Starting XI 
Borussia Dortmund (4-2-3-1): Kobel; Maatsen, Schlotterbeck, Hummels, Ryerson; Can, Sabitzer; Adeyemi, Brandt, Sancho; Fullkrug. Pelatih: Edin Terzic.  Info skuad: Bensebaini (cedera), Haller (meragukan), Duranville (meragukan), Morey (meragukan).
Real Madrid (4-3-1-2): Courtois; Mendy, Nacho, Rudiger, Carvajal; Kroos, Camavinga, Valverde; Bellingham; Vinicius Junior, Rodrygo.
Pelatih: Carlo Ancelotti. Info skuad: Tchouameni (cedera), Alaba (cedera), Lunin (meragukan).

Lima Laga Terakhir
07-12-2017 Madrid 3-2 Dortmund (UCL)
27-09-2017 Dortmund 1-3 Madrid (UCL)
08-12-2016 Madrid 2-2 Dortmund (UCL)
28-09-2016 Dortmund 2-2 Madrid (UCL)
09-04-2014 Dortmund 2-0 Madrid (UCL).

Komentar