nusabali

DPR Setujui Naturalisasi Verdonk dan Jens Raven

  • www.nusabali.com-dpr-setujui-naturalisasi-verdonk-dan-jens-raven

JAKARTA, NusaBali - Komisi III dan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyetujui proses naturalisasi calon pemain Indonesia Calvin Verdonk (26 tahun) dan Jens Raven (18 tahun), dalam rapat kerja mereka dengan Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/6). Verdonk dan Raven hadir pada agenda rapat kerja itu dengan mengenakan batik.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI, yang menjadi pimpinan rapat Hetifah Sjaifudian, Senin.

Nantinya, setelah sidang Komisi X dan Komisi III DPR, rekomendasi persetujuan ini akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR untuk diambil keputusan. Setelah rapat paripurna, Verdonk dan Raven akan menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM, dan kemudian akan mengurus kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga guna mendapatkan paspor.

Calvin Verdonk hadir di Gedung DPR bersama Sekjen PSSI, Yunus Nusi hingga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Vivin Cahyani. Sedangkan Jens Raven melalui zoom bersama pelatih timnas U-20, Indra Sjafri, dan asistennya, Bima Sakti.

Untuk debut bersama Timnas Indonesia, kedua pemain tersebut perlu melalui peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA.  Jika tuntas dalam waktu dekat, Calvin Verdonk dan Jens Raven berpeluang membela Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Selain memperkuat Timnas Indonesia, Calvin Verdonk berharap jika sudah menjadi WNI, dapat menjadi contoh bagi pemain Indonesia lainnya, terutama pemain muda.

"Terima kasih semuanya. Saya sangat senang di sini dan ketika saya tiba di Jakarta, saya langsung merasakan harapan Saya langsung merasakan kasih sayang dari orang-orang. Ya, seperti yang saya katakan, saya langsung merasa seperti di rumah," ujar Calvin Verdonk.

Sedangkan Jens Raven menganggap Indonesia bagaikan rumah. Sebab, dia menerima sambutan yang luar biasa dari fans Timnas Indonesia. 

Dia pun tidak sabar bermain untuk Timnas Indonesia dan ingin menginspirasi orang-orang di dalam dan di luar lapangan. ant

Komentar