nusabali

Pelatih Irak Yakin Indonesia Lolos

  • www.nusabali.com-pelatih-irak-yakin-indonesia-lolos

Saya pikir Indonesia akan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027. Sebab, Indonesia hanya membutuhkan beberapa poin. Saya berharap mereka akan lolos ke babak berikutnya.

JAKARTA, NusaBali
Timnas Indonesia diyakini lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Keyakinan itu dilontarkan pelatih Irak, Jesus Casas, jelang timnya akan hadapi Skuad Garuda.

Ya, Jesus Casas akan memimpin Irak menantang tuan rumah Indonesia dalam partai kelima Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (6/6) sore ini.

"Saya pikir Indonesia akan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027," ujar Jesus Casas, di Jakarta, Rabu (5/6).

Dua tim terbaik dari Grup A hingga Grup I putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia juga akan lolos ke putaran final Piala Asia 2027 di Arab Saudi.

"Sebab, Indonesia hanya membutuhkan beberapa poin. Saya berharap mereka akan lolos ke babak berikutnya," ucap pelatih asal Spanyol itu.

Meski demikian, Jesus Casas memiliki ambisi besar. Dia akan membuat Indonesia kesulitan menghadapi Irak. Dia menginstruksikan para pemainnya tak bersantai menghadapi skuad Garuda.

“Jesus Casas mengeluarkan instruksi tegas kepada para pemain Irak untuk tidak bersantai dalam laga lawan Indonesia,” ujar sumber internal dikutip dari Winwin.com, Rabu (5/6).

Sementara itu, bintang Timnas Irak Hussein Ali menilai skuad Timnas Indonesia makin berkualitas untuk lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Menurut Hussein, bergabungnya banyak pemain dari Liga Belanda membuat Indonesia kian kuat.

Timnas Indonesia mempunyai empat pemain yang berkerier di Liga Belanda. Kelimanya Ivar Jenner, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick.

Hussein Ali (22 tahun) sendiri juga bermain di Liga Belanda, dengan membela SC Heerenveen, sama seperti Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On pada musim lalu.

Kondisi itu, kata Hussein jelas berbeda daripada saat Irak membantai Indonesia 5-1 dalam pertemuan pertama, di Basra International Stadium, Basra, pada 16 November 2023. Dari empat pemain Liga Belanda di Timnas Indonesia itu, hanya Rafael Struick yang ikut bertanding saat itu, sedangkan tiga nama lainnya belum dinaturalisasi Timnas Indonesia.

"Tapi, saya percaya kepada skuad kami dan kami memiliki pemain bagus dari mana-mana dan seluruh pemain siap serta bersemangat untuk melawan Timnas Indonesia," kata Hussein Ali.

Irak punya catatan mentereng di Grup F. Mereka di puncak klasemen sementara usai menyapu bersih empat laga sebelumnya dengan kemenangan. Irak sukses melibas Indonesia (5-1), Vietnam (1-0), Filipina (1-0 dan 5-0). Casas disebut ingin menyapu semua laga tersisa dengan kemenangan, termasuk saat bersua Indonesia dan Vietnam.

Menurut Casas, dua kemenangan ini punya arti yang sangat krusial meskipun dipastikan lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan meraih tiket ke Piala Asia 2027.

Sebab, kemenangan bisa menghasilkan poin untuk mengatrol peringkat FIFA. Jika posisinya kian naik, Irak akan mendapatkan posisi lebih strategis saat undian grup. *

Komentar