nusabali

Ayo Bangkit Lanjutkan Kemenangan

Idzes Bisa Gantikan Amat di Laga Indonesia vs Filipina

  • www.nusabali.com-ayo-bangkit-lanjutkan-kemenangan

Shayne Pattynama berharap hasil negatif Indonesia saat kalah 0-2 dari Irak pada laga sebelumnya tak menyurutkan semangat skuad Garuda mewujudkan misi bersama di ajang ini.

JAKARTA, NusaBali
Ayo bangkit, lanjutkan kemenangan !, Demikian tekad kebangkitan yang dilantangkan bek Timnas Indonesia, Shayne Pattynama menjelang laga ‘hidup mati; menghadapi Filipina, di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Jakarta, Selasa (11/6).

Ya, Shayne Pattynama berharap hasil negatif Indonesia saat kalah 0-2 dari Irak pada laga sebelumnya tak menyurutkan semangat skuad Garuda mewujudkan misi bersama di ajang ini.

Menurut Shayne, para pemain sebetulnya sudah berjuang habis-habisan saat menghadapi Irak. Sayangnya, hasil akhir masih belum sesuai harapan. Dia juga bicara soal atmosfer Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang meriah.

“Mendapat dukungan luar biasa seperti biasanya di GBK! Kami berjuang sampai akhir, tapi sayangnya itu tidak cukup,” tulis Shayne Pattynama, lewat Instagramnya, Jumat (7/6).

Pemain yang musim ini berkarier di kasta tertinggi Liga Belgia bersama KAS Eupen itu berharap, Indonesia bisa segera melupakan kekalahan melawan Singa Mesopotamia pada laga sebelumnya.

Sebab, skuad Merah Putih masih memiliki satu misi tersisa saat menghadapi Timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, yang akan bergulir pada Selasa (11/6) malam.

Shayne Pattynama mendapatkan kesempatan bermain dari Shin Tae-yong (STY) sebagai starter. Kepercayaan STY dibayar lunas Shayne. Penampilannya di area kiri cukup impresif. Dia tak hanya bisa bertahan dengan baik, tetapi juga ikut terlibat aktif ketika menyerang.

Sedangkan kiper naturalisasi Indonesia, Maarten Paes, memberikan dukungan kepada penjaga gawang Timnas, Ernando Ari Sutaryadi, yang blunder ketika melawan Irak.

"Teruslah berusaha temanku," tulis Maarten Paes membalas stories Instagram akun Ernando Ari, @nandoariiiss.

Selain Maarten Paes, Ernando Ari juga dihibur Syahrul Trisna, kiper yang kerap dipanggil ke Timnas Indonesia, namun absen untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 kali ini.

Ernando kemungkinan masih menjadi kiper utama Indonesia ketika menghadapi Timnas Filipina dalam matchday terakhir Grup F di SUGBK pada 11 Juni 2024.

Sementara itu, absennya bek andalan Indonesia, Jordi Amat, akan menjadi momentum pembuktian Jay Idzes melawan Filipina. Jay Idzes menjadi salah satu opsi yang diharapkan dapat menggantikan peran Jordi Amat.

Jordi Amat dipastikan absen karena mendapatkan kartu merah pada laga melawan Irak. Saat itu dia melanggar Youssef Amyn dan wasit Shaun Evans memberi kartu merah langsung. Akibatnya, Jordi Amat akan absen dalam dua pertandingan Indonesia berikutnya.

Alternatif paling ideal mengisi posisi Amat adalah Jay Idzes (24 tahun), dengan berdampingan Rizky Ridho dan Justine Hubner. Apalagi Jay Idzes baru membantu Venezia promosi ke Liga Italia Serie 2024/2025.

Sejauh ini, Jay Idzes sudah mengukir dua penampilan semenjak mengantongi status sebagai warga negara Indonesia (WNI). Yakni, tampil sebagai starter saat menumbangkan Vietnam medio Maret lalu, dimana Indonesia mengalahkan Vietnam dua kali 1-0 di Jakarta dan 3-0 di Hanoi. Bahkan Jay Idzes mencetak gol ke gawang Vietnam. ant

Komentar