nusabali

Gilas Irlandia, Pelatih Portugal Puji Ronaldo Setinggi Langit

  • www.nusabali.com-gilas-irlandia-pelatih-portugal-puji-ronaldo-setinggi-langit

PORTO, NusaBali - Timnas Portugal menang 3-0 saat menjamu Irlandia dalam laga pemanasan Euro 2024 di Stadion Municipal de Aveiro, Rabu (12/6) dinihari WITA. Usai kemenangan itu, pelatih Portugal Roberto Martinez memberi penghormatan dan pujian sang kapten tim Cristiano Ronaldo.

Ya, hal tersebut karena Portugal tampil menggila pada paruh kedua berkat kepemimpinan Ronaldo, yang mencetak dua gol pada menit ke-50 dan 60.  Dua gol itu melengkapi gol pertama yang dicetak Joao Felix pada menit ke-18.  Kemenangan itu membuat juara Piala Eropa 2016 itu kian percaya diri menghadapi Euro 2024 di Jerman. 

Ditanya tentang kontribusi Ronaldo saat bermain penuh selama 90 menit, Martinez mengatakan, komitmen eks penggawa Manchester United (MU) itu sebagai kapten sungguh luar biasa. Martinez memuji  setinggi langit atas ketajaman Ronaldo, di usia yang terbilang tua bagi pesepakbola, 39 tahun.

"Hari ini kita melihat dua gol kelas dunia, tapi saya benar-benar menikmati karyanya. Dia sudah mencetak dua gol, tapi opsi pertamanya adalah untuk membantu rekan setim,"  kata Martinez.

"Itu menunjukkan solidaritas dan kebersamaan, dan nilai-nilai penting di ruang ganti ketika tim Anda akan ke Euro,” tambah eks pelatih Everton dan Timnas Belgia itu. 

Sementara bagi pelatih interim Irlandia, John O'Shea, laga melawan Portugal merupakan malam yang sulit karena timnya harus membayar kesalahan dalam bertahan. 

Namun, saat periode keduanya sebagai pelatih interim nanti akan berakhir, dia menunjukkan keinginannya menjadi pelatih permanen dan yakin ada fondasi yang dapat dibangun.

Menurutnya, sejumlah laga sulit yang dijalani dapat menjadi pelajaran baginya dalam melatih. O’Shea menyebut hal tersebut membuatnya makin memahami dalam pengambilan keputusan, memilih starting XI, membuat pergantian, mengganti pemain.

Walaupun tidak ikut berpartisipasi dalam Euro 2024, O’Shea dapat mempersiapkan tim Irlandia-nya untuk dapat bersaing dengan negara Eropa lainnya dan lolos ke Piala Dunia 2026  mendatang.

Sedangkan Portugal akan mulai melakukan perjalanannya di Euro 2024 dengan melawan Republik Ceko, Rabu dini hari minggu depan (19/6) WITA.

Sebelumnya, kontestan lain di Euro 2024, Ukraina juga mengemas kemenangan krusial 4-0 saat melawan Moldova di Stadion Zimbru. Empat gol kemenangan Ukraina dilesakkan Roman Yaremchuk, Viktor Tsyhankov, Artem Dovbyk, dan Heorhiy Sudakov. ant

Komentar