nusabali

Usai Gilas Skotlandia, Jerman Dituntut Tampil Lebih Baik

  • www.nusabali.com-usai-gilas-skotlandia-jerman-dituntut-tampil-lebih-baik

MUNICH, NusaBali - Gelandang Timnas Jerman Ilkay Gundogan memperingatkan timnya tampil lebih baik lagi pada laga selanjutnya, meski mampu menggilas Skotlandia 5-1, dalam laga pembuka Euro 2024 Grup A di Stadion Allianz Arena, Munich, Sabtu (15/6) dinihari WITA.

Dikutip dari laman resmi UEFA pada Sabtu, Gundogan mengatakan, kebobolan pada laga kali ini bisa menjadi pengingat untuk rekan-rekannya agar tidak jemawa.

"Gol yang membobol kami merupakan peringatan bagus agar kami tidak cepat puas," ungkap Gundogan.

Pemain Barcelona itu melanjutkan, Jerman bermain dengan intensitas tinggi sejak menit pertama dan memiliki babak pertama yang baik. Menurutnya,  laga tersebut hanyalah permulaan yang dibutuhkan Jerman. 

Pemain terbaik pada pertandingan ini Jamal Musiala mengatakan, timnya merasa sedikit tekanan sebelum laga dimulai, namun itu merupakan sebuah perasaan yang bagus.

"Namun gol bunuh diri di akhir sedikit menyakitkan, jika tidak, ini adalah permainan yang sempurna," ujar Musiala.

Sementara itu, pelatih Jerman Julian Nagelsmann takjub dengan permainan anak-anak asuhnya.  Menurutnya, Jerman dapat tampil baik pada 20 menit pertama dan dua gol dapat diciptakan.

"Saya akan menerima (hasil) ini jika seseorang menawarkannya kepada saya sebelum pertandingan. 20 menit pertama sangat bagus," ungkap Nagelsmann.

Mantan pelatih Bayern Muenchen itu melanjutkan, Skotlandia seperti enggan untuk bermain keluar, meski Jerman sudah mampu mencetak dua gol. Meskipun menang skor telak, Nagelsmann menjelaskan Jerman cukup dihadapkan dengan tantangan besar karena harus membongkar lini pertahanan rapat Skotlandia.

Sementara itu, pelatih Skotlandia Steve Clarke mengakui, timnya bermain di bawah standar saat dihajar Jerman 1-5. Clarke pun merasa ini malam yang sulit dan berharap Skotlandia dapat bangkit pada laga selanjutnya.

"Saya pikir tim Jerman luar biasa. Saya merasa seolah-olah kita telah mengecewakan diri kita sendiri. Kami lebih baik dari yang kami tunjukkan malam ini dan mudah-mudahan kami bisa menunjukkannya di dua laga berikutnya," ungkap Clarke.

Pada laga itu, kemenangan Jerman melalui gol Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Nicolas Fullkrug dan Emre Can. Sedangkan Skotlandia mencetak gol lewat bunuh diri bek Jerman, Antonio Rudiger.

Kini Jerman menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup A Euro 2024 dengan tiga poin dari satu pertandingan, sedangkan Skotlandia berada di posisi juru kunci. 

Selanjutnya Jerman hanya perlu mengamankan tiga poin dari dua laga tersisa, yakni kontra Hongaria (19/6) atau Swiss (24/6) untuk memastikan melaju ke babak selanjutnya. ant

Komentar