nusabali

Malam Takbiran Idul Adha Berlangsung Meriah

  • www.nusabali.com-malam-takbiran-idul-adha-berlangsung-meriah

GIANYAR, NusaBali - Malam takbiran Idul Adha 2024 di Kabupaten Gianyar berlangsung meriah, Minggu (16/6) malam. Ribuan umat Muslim berkumpul di depan Masjid Agung Al-Ala. Mereka antusias membawa alat musik dan berbagai pernak pernik.

Peserta yang didominasi oleh anak-anak dan ibu-ibu ini berjalan kaki keliling kawasan Kota Gianyar sembari melantunkan ayat-ayat suci. Pawai takbiran keliling ini pun menyita perhatian masyarakat yang tengah beraktivitas di kawasan Kota Gianyar. 

Ketua Panitia takbiran keliling, Muhamad Dedy Pratama mengatakan para peserta berasal dari 17 lembaga pendidikan Agama Islam seluruh kecamatan di Gianyar. "Konsepnya regenerasi supaya yang muda-muda lebih semangat mensyiarkan Islam. Sebelum pawai, ada beragam lomba yang digelar," jelas Muhamad Dedy. 

Rute pawai takbiran Idul Adha ini mengelilingi pusat kota. Dimulai dengan berjalan kaki ke utara Masjid Agung Al-Ala belok kanan depan DPRD Kabupaten Gianyar menuju Pasar Rakyat Gianyar sampai Alun-alun Kota Gianyar. Dari alun-alun ke selatan belok kanan dan finish kembali di Masjid Agung Al-Ala. Selama takbiran berlangsung, personel Polres Gianyar siaga mengamankan kegiatan. 

Tidak saja pengamanan di malam takbiran, Polres Gianyar juga mengamankan berlangsungnya ibadah Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al-Ala Gianyar, Senin (17/6) pagi. Kegiatan pengamanan melibatkan ratusan personel kepolisian yang ditempatkan di beberapa titik pengamanan dipimpin Kabag Ops Polres Gianyar Kompol I Nengah Sudiarta, Kapolsek Gianyar Kompol I Gede Sudyatmaja, dan pejabat utama Polres Gianyar. 

“Kami melibatkan dua ratus lebih personel kepolisian dalam rangka pengamanan Sholat Idul Adha di Kabupaten Gianyar, yang paling padat adalah di kawasan Masjid Agung Al'Ala Jalan Ksatrian Gianyar," ujar Kompol Nengah Sudiarta. Selain di Masjid Agung Al'Ala, pengamanan dilaksanakan di sejumlah tempat ibadah yang melaksanakan sholat Idul Adha di Kabupaten Gianyar. 7 nvi

Komentar