nusabali

Portugal Menang, Ronaldo Ukir Rekor Fenomenal

Tampil Lawan Rep Ceko, Pepe Pemain Tertua Sepanjang Sejarah Euro

  • www.nusabali.com-portugal-menang-ronaldo-ukir-rekor-fenomenal

LEIPZIG, NusaBali - Cristiano Ronaldo mengukir rekor fenomenal yang akan sulit disamai pemain lain, saat matchday pertama Grup F Euro 2024. Ya, Ronaldo tampil saat Portugal mengalahkan Republik Ceko  2-1, di Stadion Leipzig, Rabu (19/6) dinihari Wita.

Meski tak mencetak gol, Ronaldo bermain penuh pada duel lawan Rep. Ceko. CR7 mengukir dua rekor luar biasa. Ronaldo tercatat sebagai satu-satunya pemain yang pernah tampil dalam enam Euro berbeda.

Debut Ronaldo terjadi pada Euro 2024, saat Portugal menjadi tuan rumah. Selanjutnya, Ronaldo tampil pada Euro 2008, 2012, 2016, 2020, dan 2024.

Dari enam penampilan itu, Euro 2016 menjadi kenangan paling special, karena Ronaldo membantu membawa Portugal menjadi juara. Portugal menang 1-0 atas Prancis pada laga final, lewat gol Eder.

Ronaldo memang gagal mencetak gol pada duel Portugal kontra Rep. Ceko. Namun, Ronaldo jadi pemain yang cukup berbahaya bagi lini belakang Ceko dengan lima shots. Selain itu, satu aksi berbuah rekor fantastis bagi Ronaldo.

Kini, Ronaldo tercatat sebagai pemain dengan kreasi peluang terbanyak sepanjang sejarah Euro. Ronaldo sudah membuat 43 kreasi peluang dalam partisipasinya di Euro. Ronaldo melewati dua pemain kreatif yang punya reputasi mentereng saat masih aktif bermain, yakni Luis Figo (42) dan Mesut Ozil (40).

Usai mencatat rekor baru Euro 2024, Ronaldo juga tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Euro, dengan 14 gol dan masih mungkin bertambah. Ronaldo, minimal, juga masih punya dua rekor yang bisa dipecahkan. 

Pertama, Ronaldo bisa menjadi pemegang rekor assist terbanyak. Hingga kini pemain Al Nassr Arab Saudi itu sudah membuat tujuh assist, terpaut satu dari pemegang rekor Karel Poborsky.

Kedua, Ronaldo bisa mencatat rekor sebagai pemain tertua yang mencetak gol di Euro. Kini Ronaldo berusia 39 tahun dan rekor gol tertua di Euro dipegang Ivica Vastic (2008) pada usia 38 tahun dan 257 hari.

Selain Ronaldo, bek Portugal Pepe juga mencetak rekor sebagai pemain tertua dalam sejarah Euro, setelah dimainkan sejak menit awal lawan Rep. Ceko itu. Pepe berusia 41 tahun dan 113 hari dan mengalahkan rekor pemain tertua yang dipegang Gabor Kiraly (2016), pada usia 40 tahun dan 46 hari.

Di laga lawan Rep. Ceko, Pepe bukan hanya simbol Portugal sebagai 'tua-tuaan' di atas lapangan. Secara teknis, dia berkontribusi besar bagi Portugal. Pepe memenangkan tujuh duel perebutan bola dengan lawan. Pepe juga melakukan tiga tekel dan dua sapuan.

Dalam laga lawan Rep Ceko, Francisco Conceicao menjadi penentu kemenangan Portugal berkat gol yang dicetak pada menit 90+2 dan mengubah skor 2-1, setelah sempat imbang 1-1. 

Kemenangan itu membuat Portugal di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan tiga poin dari satu laga, dan kalah produktivitas gol dari Turki di posisi pertama.

Selanjutnya Portugal akan menghadapi Turki pada laga lanjutan Grup F Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (22/6) pukul 24.00 WITA. Sedangkan Rep Ceko menghadapi Georgia pada pukul 21.00 Wita, di Leipzig. ant

Komentar