nusabali

Server PDN Down, Imigrasi Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor

  • www.nusabali.com-server-pdn-down-imigrasi-tetap-layani-perlintasan-dan-permohonan-paspor

MANGUPURA, NusaBali - Layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis mengalami gangguan. Hal ini merupakan imbas dari gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang sedang berlangsung, Kamis (20/06).

Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, menjelaskan pihaknya kini sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam. Selain itu, pihaknya tengah berupaya agar layanan bisa pulih sesegera mungkin. “Masyarakat yang berada di bandar udara internasional dan akan melakukan penerbangan tetap akan dilayani oleh petugas imigrasi,” ujar Silmy.

Lebih lanjut dijelaskan, meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun pada saat kedatangan. Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor Imigrasi untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa. Namun demikian, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal.

“Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” ujarnya.

Terpisah, Corporate Secretary Group Head PT Angkasa Pura Indonesia Rahadian D Yogisworo, mengatakan kendala pada sistem keimigrasian masih terjadi sampai dengan Jumat (21/6) siang kemarin, sehingga prosesnya masih dilakukan secara manual di beberapa bandara InJourney Airports. Dikatakan, dari pihak Imigrasi juga sudah melakukan penambahan SDM untuk proses pemeriksaan secara manual. Dari beberapa bandara InJourney Airports yang melayani rute penerbangan internasional terpantau masih berjalan normal dan lancar.

“Sebagai langkah antisipasi pelayan terhadap pengguna jasa bandara, kami sebagai pengelola bandara telah menambah jumlah petugas operasional, khususnya di terminal bandara, untuk dapat membantu petugas Imigrasi dalam mengatur antrean demi kelancaran pemeriksaan dokumen keimigrasian,” jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan imbauan kepada maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan internasional untuk dapat menyampaikan kepada calon penumpang agar datang lebih awal dari jadwal keberangkatan untuk meminimalkan antrean di proses keimigrasian. “Kami berharap layanan sistem keimigrasian dapat segera kembali normal, sehingga pelayanan terhadap pengguna jasa bandara, utamanya penumpang rute internasional, dapat segera kembali berjalan secara optimal,” harapnya. 7 ol3

Komentar