nusabali

Koeman Ingin Belanda Jumpa Spanyol

  • www.nusabali.com-koeman-ingin-belanda-jumpa-spanyol

Jika kami berhasil ke final, saya ingin menghadapi Spanyol. Namun, kami harus berjuang lebih dulu untuk memenangkan partai semifinal melawan Inggris.

MUNICH, NusaBali
Pelatih Belanda Ronald Koeman mengatakan dirinya lebih suka melihat Der Oranje asuhannya berjumpa Spanyol daripada melawan Prancis di final Euro 2024. Namun mantan pelatih Barcelona ini mengatakan, dirinya sudah menyiapkan pasukannya untuk melawan Inggris di babak semifinal. 

“Jika kami berhasil ke final, saya ingin menghadapi Spanyol. Namun, kami harus berjuang lebih dulu untuk memenangkan partai semifinal melawan Inggris," kata Koeman.

"Jika kami bermain di final, pilihan pribadi saya, tentu saja adalah Spanyol karena kami sudah pernah menghadapi Prancis di fase grup,”kata Koeman

Belanda pernah imbang 0-0 dengan Prancis pada laga kedua di Grup D pada 21 Juni lalu. Karena alasan itu, Koeman mengakui dirinya lebih memilih melawan Spanyol di final, jika timnya mengalahkan Inggris di semifinal.

Koeman pun mengaku bangga dengan sepak terjang Timnas Belanda saat melawan Turki di perempat final. Koeman tidak menyangka Tim Oranje bisa melaju hingga babak semifinal.

"Kami adalah bangsa yang kecil dan kami menjadi bagian dari semifinal bersama Inggris, Prancis dan Spanyol, dan kami sangat bangga bisa mendapatkan kesempatan untuk bermain di semifinal,"kata Koeman.

Koeman juga menepis anggapan bahwa perpanjangan waktu dan adu penalti melawan Swiss akan menyebabkan kelelahan ekstra bagi Inggris menjelang semifinal.

"Jika memenangkan pertandingan, hal itu selalu memberikan perasaan yang baik. Kami perlu memulihkan diri, seperti Inggris. Ini bukan perbedaan fisik antara mereka dan kami,”kata Koeman.

Sementara itu, bek Belanda Nathan Ake menyebut striker timnya Wout Weghorst akan menjadi mimpi buruk bagi tim lawan saat striker 31 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti dan memberikan dampak besar pada permainan Oranye untuk membalikkan keadaan melawan Turki di Stadion Olimpiade, Berlin.

Pada perempatfinal itu, Koeman mengeluarkan senjata rahasianya Weghorst pada babak kedua. Koeman sengaja membatasi menit bermain Weghorst di empat laga pertama Belanda di Euro. Namun saat lawan Turki, Koeman memberi Weighorst 45 menit penuh.

Masuknya Weghorst menarik perhatian bek Turki yang sebelumnya bermain sangat rapat dan disiplin sehingga membuat Memphis Depay dapat bergerak bebas.

Penyelamatan kiper Turki Mert Gunok yang menepis sepakan Weghorst menghasilkan tendangan sudut yang kemudian membuat Belanda menyamakan kedudukan melalui sundulan Stefan de Vrij (70').

Ketika bek Turki berusaha keras untuk mematikan Weghorst, Belanda justru kembali mencetak gol enam menit kemudian melalui gol bunuh diri Mert Muldur yang mendapatkan tekanan dari Cody Gakpo yang diawali umpan silang Denzel Dumfries.

“Karena (Weghorst) Anda menciptakan lebih banyak kekacauan di kotak penalti dan mereka harus lebih banyak bertahan, jadi menurut saya Wout banyak membantu,” kata Ake.

Koeman mengatakan alasan dirinya memasukkan Weghorst adalah agar timnya mendapatkan banyak umpan silang untuk membongkar pertahanan Turki.

Cody Gakpo sendiri yang memimpin Belanda dengan tiga golnya di Euro 2024 memuji dampak besar yang selalu diberikan Weghorst saat masuk dari bangku cadangan.

"Ini berbeda (dengan dia masuk)... kami ingin lebih oportunistik, maka memasukkan Wout karena dia tinggi, dia bagus di udara, dia berjuang untuk setiap bola yang masuk ke dalam kotak,"kata striker Liverpool itu.  *

Komentar