nusabali

Paket GP akan Mendaftar ke KPU di Hari Pertama

  • www.nusabali.com-paket-gp-akan-mendaftar-ke-kpu-di-hari-pertama

AMLAPURA, NusaBali - Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Karangasem I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa (GP) diagendakan mendaftar ke KPU Karangasem pada hari pertama pendaftaran, Selasa (27/8).

Hanya saja, pihak Tim Pemenangan GP menyiapkan tiga alternatif administrasi sebagai bentuk antisipasi.

"Alternatif pertama, Partai NasDem mendaftarkan paket GP tanpa koalisi, alternatif kedua Partai NasDem koalisi dengan Partai Demokrat, dan alternatif ketiga Partai NasDem dan Partai Demokrat berkoalisi dengan partai lain," jelas Ketua Tim Pemenangan Paket GP, I Gede Krisna Adi Widana saat memantapkan persiapan pendaftaran di Sekretariat GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu) Jalan Ahmad Yani Amlapura, Minggu (25/8).

Hadir di acara kemarin, Penasihat Partai NasDem Karangasem I Gusti Made Tusan, Sekretaris DPD NasDem Karangasem I Made Juita, Penasihat Hukum AA Parwata, dan segenap relawan GMT se-Karangasem. Krisna Adi Widana menjelaskan sehubungan adanya putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024, di mana salah satu bunyi keputusan itu untuk jumlah penduduk dalam DPT (daftar pemilih tetap) 250.000 jiwa-500.000 jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh suara sah paling sedikit 8,5 persen di kabupaten/kota tersebut.

Sehubungan DPT di Karangasem 388.854 pemilih dan Partai NasDem memperoleh 41.395 suara sah, maka Partai NasDem memperoleh 10,64 persen suara. Sehingga telah melampaui batas minimal 8,5 persen untuk mengusung calon. Itulah sebabnya, Partai NasDem bisa mengusung sendiri Cabup-Cawabup di Pilkada Karangasem 27 November mendatang, walau di Pileg 2024, Partai NasDem hanya meraih 5 kursi di DPRD Karangasem.

"Makanya saya sudah siapkan alternatif pertama, paket GP hanya diusung Partai NasDem tanpa koalisi," kata mantan Ketua KPU Karangasem asal Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem tersebut. Sedangkan alternatif kedua Partai NasDem berkoalisi dengan Partai Demokrat, karena rekomendasi dari Partai Demokrat tengah diurus di Jakarta dan dijanjikan akan diserahkan, Senin (26/8) siang. Bahkan muncul lagi wacana ada partai lain yang memiliki kursi di DPRD Karangasem berniat bergabung. "Makanya saya siapkan tiga alternatif administrasi," tambahnya.

Penasihat Partai NasDem Karangasem, I Gusti Made Tusan juga sepakat terkait persiapan administrasi tersebut. "Intinya Partai NasDem bisa mengusung sendiri, kalau partai lain mau bergabung silakan saja," jelasnya. Hal senada diungkapkan Sekretaris DPD Partai NasDem Karangasem, I Made Juita. "Saya telah berkoordinasi ke KPU Karangasem rencana mendaftar, Selasa (27/8). Sambil menunggu kepastian partai di luar NasDem. Jika sampai Senin (26/8) siang belum ada kepastian, nanti yang mendaftarkan paket GP hanya Partai NasDem saja," jelasnya. Di bagian lain, Ketua KPU Karangasem I Putu Darma Budiasa mengakui dari pihak Partai NasDem telah berkoordinasi hendak mendaftar, Selasa (27/8). "Hanya saja belum ada surat resmi ke KPU," kata Darma Budiasa. 7 k16 

Komentar