nusabali

BMKG Lakukan Operasi Modifikasi Cuaca untuk Amankan HUT Ke-79 TNI

  • www.nusabali.com-bmkg-lakukan-operasi-modifikasi-cuaca-untuk-amankan-hut-ke-79-tni

JAKARTA, NusaBali.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaksanakan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat untuk mengurangi dampak potensi hujan yang dapat mengganggu rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Sabtu (5/10/2024).

Deputi Bidang Modifikasi Cuaca BMKG, Tri Handoko Seto, menjelaskan bahwa prediksi cuaca menunjukkan adanya potensi hujan di wilayah DKI Jakarta pada awal Oktober. "Terhadap adanya potensi hujan, perlu dilakukan antisipasi melalui pelaksanaan operasi modifikasi cuaca," ujar Seto, Jumat (4/10/2024).

Seto menambahkan bahwa memasuki awal dasarian pertama Oktober 2024, berdasarkan prediksi cuaca dari model Global Forecast System (GFS), wilayah DKI Jakarta berpeluang terjadi hujan dengan intensitas 0,5 hingga 20 mm per hari. Selain itu, terdapat potensi pertumbuhan awan hujan dengan tingkat sedang hingga tinggi yang mencapai kurang dari 50 persen selama periode 3-5 Oktober 2024.

Melihat prakiraan cuaca tersebut, BMKG melaksanakan OMC dalam rangkaian HUT ke-79 TNI atas permintaan dari Mabes TNI. "OMC dilaksanakan dari Posko Lanud Husein Sastranegara Bandung," jelasnya. Seto juga menekankan bahwa operasi ini menjadi bentuk sinergi antara BMKG dan TNI. "Kali ini giliran kami yang mendukung mereka untuk pelaksananya," ungkapnya.

Plt Direktur Operasional Modifikasi Cuaca, Budi Harsoyo, turut menjelaskan detail pelaksanaan operasi tersebut. Menurutnya, dari Posko Lanud Husein Sastranegara Bandung, TNI menyiapkan dua unit pesawat Cassa 212-200 beserta kru dari Skadron Udara 4 TNI AU Lanud Abdulrahman Saleh Malang, serta 4,8 ton bahan semai NaCl. "Pada 3 Oktober 2024 telah dilakukan dua sorti penyemaian awan saat serangkaian gladi resik di area Monas, termasuk aksi flypass oleh pesawat-pesawat militer TNI," ujar Budi.

Lebih lanjut, pada puncak acara yang digelar 5 Oktober 2024 di Monas, BMKG berencana melakukan empat sorti penyemaian awan untuk memastikan acara berlangsung tanpa gangguan cuaca. "Penyemaian awan akan menyesuaikan kondisi dan potensi ancaman cuacanya," tambah Budi.

Operasi ini menjadi upaya untuk menjaga kelancaran rangkaian acara HUT ke-79 TNI dan mengurangi kemungkinan gangguan akibat cuaca. Sinergi antara BMKG dan TNI dalam menjalankan OMC menunjukkan pentingnya kerja sama antarinstansi untuk mendukung kegiatan nasional yang melibatkan berbagai pihak. *ant

Komentar