nusabali

Persipura Ditahan Borneo FC, Persebaya Runner Up Liga 1

  • www.nusabali.com-persipura-ditahan-borneo-fc-persebaya-runner-up-liga-1

Persipura Jayapura harus merelakan posisi kedua klasemen akhir Liga 1 2019,  setelah ditahan 2-2 oleh Borneo FC, saat jadi ‘tuan rumah’ pada pekan ke-34 (terakhir), di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (22/12).

SIDOARJO, NusaBali

Hasil itu membuat posisi runner up Liga 1 diduduki Persebaya Surabaya, dengan nilai 54.  Tiga tim masing-masing Madura United, Bhayangkara FC, dan Persipura memiliki poin 53, berada di peringkat ketiga hingga kelima.  Borneo FC di peringkat keenam, dengan nilai 51. Di la Madura United menang 2-0 dari Bali United.

Hasil lain pekan terakhir Liga 1, Persib Bandung menang 5-2 atas PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Barito Putera pesta tiga gol tanpa balas ke gawang Arema FC di Stadion Demang Lehman, Martapura. Sedangkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, PSS Sleman mengalahkan Tira Persikabo 5-2.

Sementara Persebaya yang menjadi runner-up Liga 1 2019, berpeluang lolos ke Piala AFC 2020. Di urutan kedua, Persebaya unggul satu angka dari Bhayangkara FC dan Persipura di posisi ketiga dan keempat.

Namun peluang tim Bajul Ijo ke Piala AFC 2020 terbilang kecil. Sebab, armada Aji Santoso masih harus menunggu kiprah juara Liga 1 2019, Bali United di Liga Champions Asia (LCA).

Bali United akan memulai perjalanannya di LCA dari babak eliminasi pertama sebelum membutuhkan dua tahapan lagi ke babak penyisihan. Jika tim berjulukan Serdadu Tridatu ini lolos ke fase grup, Persebaya otomatis akan menempati Grup G di Piala AFC 2020.

Jika Bali United tereleminasi sebelum menembus babak penyisihan, maka pintu Piala AFC 2020 tertutup rapat untuk Persebaya. Pasalnya, Bali United akan turun kasta dan tampil di turnamen kasta kedua antarklub Asia tersebut.

Bali United adalah wakil Indonesia di LCA dan Persebaya Surabaya masuk daftar tunggu di Piala AFC. Adapun, slot Piala AFC disegel PSM Makassar setelah menjuarai Piala Indonesia 2018-19. *

Komentar