nusabali

Basarnas Kerahkan Helikopter

  • www.nusabali.com-basarnas-kerahkan-helikopter

Guna menjamin keamanan, kelancaran dan keselamatan penyeberangan dari Pantai Kusamba, Klungkung - Nusa Penida, belasan polisi air (Polair ) dan personel Basarnas bersiaga di Dermaga Pantai Kusamba. 

Amankan Pamedek ke Dalem Ped, Nusa Penida

SEMARAPURA, NusaBali
Siaga ini terkait pujawali di Pura Penataran Ped, Desa Pakraman Ped, Nusa Penida.
Tak hanya personel, petugas juga melengkapi kesiagaan dengan peralatan keselamatan dan helikopter.  Sementara itu, penyeberangan ke Nusa Penida berlangsung lancar, walau cuaca mendung.

Pantauan di Dermaga Kusamba, Kecamatan Dawan, di Dermaga Banjar Tribuana dan Banjar Bias, luberan penumpang yang akan nangkil melakukan persembahyangan ke Pura Penataran Ped, berlangsung dari pagi hingga tengah hari. Penumpang memanfaatkan jasa penyeberangan boat dan sampan cepat yang mangkal di Dermaga Tribuana, Banjar Bias, Kusamba. Hal sama juga pada dermaga barum  di Pantai Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan. “Dari pagi sudah sampai 7 kali  keberangkatan,” ujar seorang warga di dermaga Banjar Tirbuana, Desa Kusamba.  Tambahnya, keramaian penumpang tersebut memang tak lepas dari hari pujawali di Pura Penataran Ped, Nusa Penida, pada Buda Cemeng Kelawu, Rabu (11/11). “Memang setiap pujawali di sana (Pura Penataran Ped), kan memang selalu ramai,” ujarnya.

Pengawas dermaga tradisional Dinashubkominfo Klungkung I Made Sedanayoga mengatakan, selama ini arus penyeberangan berjalan lancar. Ia menyatakan, penyeberangan pamedek (warga sembahyang) dengan boat dan sampan ke Pura Ped tetap ramai selama Ida Batara Penataran Ped, nyejer. “ Walau mendung, namun penyeberangan tetap, lancar,” ujar Sedanayoga.

Kasat Polair Polres Klungkung AKP Putu Ardana menjelaskan, pihaknya menerjunkan tidak kurang 16 personel untuk memantau dan pengamanan arus  pamedek ke Nusa Penida. “Kita juga koordinasi dengan Dishub, Basarnas dan lainnya,” ujar Putu Ardana.

Tambah dia, pengamanan juga dilakukan pada dermaga-dermaga di Nusa Penida. Guna mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan, Basarnas sudah siap dengan sejumlah peralatan penyelamatan. Diantaranya perahu karet, pelampung serta alat-alat keselamatan lain. Helikopter juga dikerahka untuk memantau perairan Kusamba, Nusa Penida, Padangbai, dan sekitarnya. “ Kami juga siapkan kapal KM Arjuna di Benoa,” ujar Ida Bagus Surya Wirawan, salah seorang awak Basarnas di Dermaga Tribuana, Kusamba, Klungkung.

Puncak pujawali di Pura Penataran Ped, Buda Cemeng Kelawu,  Rabu (11/11). Pura kahyangan jagat ini selalu dibanjiri krama baik saat pujawali maupun upacara Ngusaba Jagat pada Purnama Kapat.

Komentar