nusabali

Bupati Suwirta Harap Kaum Milenial Perkuat KUD

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-harap-kaum-milenial-perkuat-kud

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap manajemen KUD diperkuat oleh kaum orang melenial.

SEMARAPURA, NusaBali

KUD juga harus berani membuka diri untuk merekrut generasi muda yang mampu di bidang ekonomi untuk mengembangkan usaha KUD.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menegaskan itu saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Jaya Werdi tahun buku 2019 di Balai Banjar Adat Takmung, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Rabu, (29/1).

Bupati didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa

Hadir, Ketua Dekopinda Kabupaten Klungkung Ngakan Made Nata, Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya serta seluruh anggota KUD Jaya Werdi.

Bupati Suwirta meminta koperasi khususnya KUD berani menggunakan managemen modern yang berteknologi. Jika tidak berani memakai teknologi, akan dilibas zaman. "Semua pegawai serta pengurus KUD ini belum saya lihat dari kaum melenial. Sehingga managemennya cenderung berjalan konvensional," ujar Bupati Suwirta di hadapan para anggota KUD Jaya Werdi.

Bupati Suwirta menambahkan, program unggulan Bima Juara harus dikawal dengan baik. "Manfaatkan teknologi dengan baik. KUD tidak sebatas menjual beras dan simpan pinjam. KUD harus berani buat pasar modern," Tegas Bupati Suwirta

Ketua KUD Jaya Werdi Made Santra mengatakan, anggota KUD Jaya Werdi tahun 2019 mencapai 1.694 orang. Jumlah ini terdiri dari 1.116 orang di Desa Takmung, 460 orang di Desa Tihingan dan lain-lain desa 118 orang. Tahun 2019, anggota bertambah dua  orang. Sisa Hasil Usaha (SHU) KUD ini tahun buku 2019 Rp 58.117.555, meningkat  Rp 3.510.030 atau 6,43 persen dibandingkan tahun lalu yakni Rp 54.607.525. Namun SHU ini masih di bawah target tahun 2019 Rp 60.674.000.

Santra menambahkan KUD Jaya Werdi mengelola sembilan unit usaha yakni penjualan barang/jasa, penjualan pupuk, obat-obatan dan bibit, penjualan barang-barang konsumsi, jasa penggilingan gabah, sewa alat/kursi dan lainnya. "Peningkatan permodalan didapatkan dari, simpanan pokok anggota, simpanan wajib dari anggota serta bantuan dari pemerintah," ujarnya. *wan

Komentar