nusabali

Badung Siap Sambut 'New Normal' Pariwisata

Sekda Cek Kesiapan ODTW di Badung Selatan

  • www.nusabali.com-badung-siap-sambut-new-normal-pariwisata

Sekda Adi Arnawa menyebut untuk pembukaan kembali ODTW di Badung masih menunggu instruksi dari Pemprov Bali.

MANGUPURA, NusaBali

Dalam rangka menyambut penerapan budaya hidup baru (new normal), Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mengecek kesiapan sejumlah Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) yang ada di Badung Selatan. Salah satunya pengecekan kawasan ITDC, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Jumat (5/6) siang. Pengecekan itu untuk memantau langsung Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai protokol kesehatan yang diterapkan saat pandemi Covid-19 ini.

Disela-sela pemantauan itu, Sekda I Wayan Adi Arnawa mengungkapkan, untuk menyambut budaya hidup baru, yang paling penting saat ini memastikan kesiapan dari ODTW yang ada di wilayah Badung. Hal ini sangat perlu untuk menunjukkan kesiapan Pulau Dewata dalam menghadapi budaya hidup baru di bidang pariwisata. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan kesiapan yang dimulai dari kawasan ITDC Nusa Dua.

Dari pemantauan di kawasan itu, Adi Arnawa menilai sudah dikategorikan sangat bagus dalam menyambut era baru itu sendiri. "Untuk kawasan ITDC saya kira 80 persen sudah siap SOP terkait budaya hidup baru," ujarnya didampingi Managing Director ITDC I Gusti Ngurah Ardita, Kepala Dinas Kesehatan dr I Nyoman Gunarta, Kadisparda I Made Badra dan Kadisosnaker IB Oka Dirga saat memeriksa kesiapan di Obyek Wisata Water Blow.

Diakuinya, langkah persiapan menyambut budaya hidup baru sangat tepat. Namun pihaknya meminta agar ini dipersiapkan sematang mungkin. Untuk itu diharapkan ada satu kesamaan pandang dari seluruh stakeholder, sehingga ada rambu dan batasan-batasan yang akan diterapkan. Menurut Adi Arnawa, pihaknya akan menyambut baik ODTW membuka kembali kawasannya. Namun harus tetap memperhatikan SOP budaya hidup baru serta dalam kontrol dari pemerintah, agar tidak keluar dari protokol kesehatan. Pihaknya juga menegaskan, apabila ditemukan ada ODTW yang melanggar, tidak segan-segan untuk menutup kembali. "ODTW harus mempersiapkan diri menyambut budaya hidup baru, namun tetap dalam pengawasan pemerintah sesuai protokol kesehatan. Bila ada yang melanggar, kami akan tutup kembali," tegasnya.

Upaya peningkatan SOP sesuai protokol kesehatan itu, sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Dia berharap agar ODTW sesuai dengan koridor dan protokol kesehatan saat era baru ini. Meski demikian, Adi Arnawa juga mengakui kalau pembukaan kembali ODTW, Pemkab Badung tidak memiliki kewenangan. Untuk itu, pihaknya masih menunggu instruksi dari Pemerintah Provinsi Bali. "Kami harap ada sinkronisasi dengan pedoman dari Pemprov Bali termasuk kementerian pariwisata. Jangan sampai keluar dari pedoman itu semua," ungkapnya seraya mengakui selain pengecekan di ITDC, pihaknya juga melakukan pengecekan kesiapan sejumlah ODTW di Pantai Pandawa, Pura Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Kuta dan Beachwalk.

Sementara itu Managing Director ITDC The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita menyampaikan, tahapan protokol tatanan budaya hidup baru yang disiapkan kepariwisataan di Nusa Dua. Pihaknya mengakui bahwa pemerintah sudah luar biasa melakukan penanganan pandemi Covid-19. Dikatakan, jalur penanganan sosial harus dijalankan secara beriringan dengan jalur perekonomian. "Kapanpun dimulai kebijakan ini, kami sudah siap mengikutinya secara maksimal. Kesiapan ITDC dalam melakukan recovery pariwisata diantaranya melakukan rapat koordinasi dengan Kemenkraf, Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Badung," jelasnya seraya mengatakan ITDC juga sudah menyusun protokol keselamatan dan penanganan Covid-19 serta prosedur operasional ITDC The Nusa Dua sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi Bali.*dar

Komentar