nusabali

Pengelola Objek Wisata Siapkan SOP Sambut New Normal

  • www.nusabali.com-pengelola-objek-wisata-siapkan-sop-sambut-new-normal

MANGUPURA, NusaBali
Menyambut tatanan new normal di bidang pariwisata, sejumlah destinasi pariwisata di Bali sudah mulai mempersiapkan diri.

Salah satunya Objek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung. Tidak hanya mempersiapkan terkait SOP untuk pelaksanaan new normal, namun juga terus melakukan penataan infrastruktur.

Manager Pengelola Objek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu I Wayan Wijana menyampaikan, terkait gate masuk, pihaknya memberlakukan gate e-ticketing yang didukung oleh Bank BPD Bali. Tentunya dalam penerapannya nanti, tetap melaksanakan standar dan protokol kesehatan. Seperti social distancing, penggunaan masker, sanitizer, hand wash/pencucian tangan, disinfektan dan sebagainya.

"Untuk protokol kesehatan, akan diberlakukan di kawasan objek, di stage kecak dan juga bagi umat yang akan melaksanakan pesembahyangan di pura," ujarnya saat mendampingi Sekda Badung Adi Arnawa beserta jajaran melakukan peninjauan kesiapan Objek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu menyambut New Normal, Jumat (5/6) lalu.

Tidak hanya itu, untuk peralatan lain juga kata dia, akan disesuaikan dengan program pemerintah untuk memberlakukan Clean, Health and Safety (CHS). Sementara, terkait infrastruktur lain, seperti stage kecak, Wijana mengatakan, untuk pengunjung juga sudah disiapkan prosedur sesuai protokol Covid-19 yakni social distancing. Bahkan untuk toilet dengan standar kesehatan termasuk peralatan pendukung.

"Di kawasan kami juga sudah menyiapkan ruangan First Aid yakni klinik untuk penanganan yang bersifat emergency. Tentunya bila tidak bisa ditangani di sana, maka akan dirujuk ke RS terdekat tentunya dengan rekomendasi yang dikeluarkan dari manajemen pengelola kawasan. Segalanya  kami sudah siapkan, tentu sambil menunggu petunjuk selanjutnya," ucapnya.

Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa menyampaikan, tim verifikasi Kabupaten Badung melakukan pengecekan ke empat lokasi yang menjadi ODTW di Badung salah satunya ke Objek Wisata kawasan Luar Pura Uluwatu. Apa yang dilihat ini, kata dia, akan menjadi rekomendasi laporan ke Gubernur Bali sebagai acuan untuk membuat kebijakan terkait rencana pembukaan kembali destinasi di Badung.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya sangat menyambut baik ODTW untuk membuka kembali kawasannya. Namun harus tetap dalam kontrol dari pemerintah, agar tidak keluar dari protokol kesehatan. Meski demikian, terkait pembukaan kembali ODTW, pihaknya menyebut Pemkab Badung tidak  memiliki kewenangan untuk mengizinkan membuka dan menutup. Untuk itu pihaknya masih menunggu instruksi dari Pemerintah Provinsi Bali. *isu

Komentar