nusabali

New Normal, Masuk Gedung DPR Harus Punya Smart Card

  • www.nusabali.com-new-normal-masuk-gedung-dpr-harus-punya-smart-card

JAKARTA, NusaBali
DPR RI akan menerapkan smart card bagi pengunjung yang hendak memasuki gedung DPR selama pandemi virus Corona (COVID-19).

Nantinya kartu tersebut akan bisa mengetahui siapa saja yang dapat memasuki DPR agar tidak sembarangan orang dapat masuk selama pandemi Corona. "Jadi benar memang di DPR ini atas pertimbangan dari pimpinan, dan pertimbangan keamanan juga itu kita sudah menerapkan smart card untuk semua orang yang berkunjung ke DPR, termasuk anggota DPR," kata Sekjen DPR RI, Indra Iskandar dalam diskusi bertajuk menuju kenormalan baru di parlemen, Senin (8/6).

Dia menjelaskan nantinya smart card itu bisa berfungsi sebagai kartu transaksi nontunai. Selain itu, kata Indra, fungsi smart card ini bisa untuk mengakses ruangan di DPR tetapi tidak sembarangan gedung yang bisa diakses oleh orang lain.

"Jadi smart card itu nantinya untuk di-barrier di stasiun kereta, untuk membuka barrier. Nanti di liftnya begitu, misal dia berkantor di lantai 4 itu nanti liftnya akan ke lantai 4, kalau dia berkantor di lantai 10 di-tap dia akan ke lantai 10. Semua siapa melakukan apa akan ke mana akan terdata dan diatur oleh smart card," ungkap dia dilansir detik.com.

Indra mengatakan pihak media ataupun tamu yang akan datang tetap diperbolehkan asal dengan alasan yang jelas dan ada izin atau janji. Indra menyebut berkaca dari fasilitas parlemen di negara lain, tidak semua pihak dapat memasuki gedung parlemen karena dibutuhkan akses khusus. Nantinya smart card ini akan diterapkan dalam waktu dekat.

"Nantinya tamu dan media itu bisa mengakses jadi harus lapor dan harus appointment atau jelas jadi kantor DPR ini, bukan pasar yang semua orang bebas ke manapun tanpa dikontrol karena ini untuk menghindari masalah keamanan dan kesehatan kita semua. Semua harus tahu tujuannya ke DPR akan kemana, dan itu akan diterapkan sekitar 1 bulan ke depan kita akan uji cobakan. Hardware-nya perangkatnya sudah terpasang," papar Indra. *

Komentar