nusabali

Badung Dukung Upaya Pemulihan Pariwisata Secara Bertahap

Wabup Suiasa Ikuti Rapat via Zoom dengan Polda Bali

  • www.nusabali.com-badung-dukung-upaya-pemulihan-pariwisata-secara-bertahap

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengikuti rapat koordinasi (rakor) via zoom meeting dalam upaya mitigasi serta pemulihan pariwisata dengan mencanangkan program Clean, Safety, and Healty (CSH) secara bertahap di wilayah hukum Polda Bali, dari Gedung Command Center Puspem Badung, Selasa (9/6).

Rakor dipimpin Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs I Wayan Sunartha, diikuti Wakil Gubernur Bali Ir Tjokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Sekda Bali Dewa Made Indra, Pangdam Udayana Mayjen Benny Susianto, Bupati/Walikota se-Bali, Dirut Angkasa Pura, serta Kapolres se-Bali. Wabup Suiasa didampingi Sekda I Wayan Adi Arnawa, Ketua PHRI Badung I Gst Ngr Rai Suryawijaya, Kadisparda I Made Badra, serta OPD terkait di Pemkab Badung.

Wabup Suiasa menyampaikan, menyikapi dan mempersiapkan pemulihan pariwisata, Badung telah melakukan upaya-upaya yang bersifat koordinatif dengan seluruh stakeholder pariwisata. “Bahkan terhadap konsep ini kami telah meminta pandangan berbagai pihak dalam menyusun dan merumuskan konsep SOP penerapan budaya hidup baru di Kabupaten Badung,” ujar Wabup Suiasa. Menurut dia, rumusan ini akan disinergikan dengan rumusan yang disusun oleh Pemprov Bali sehingga nanti ada keharmonisan, serta sinergi dalam menyambut budaya hidup baru di Bali bisa terbangun dengan baik.

Terhadap konsep tersebut, Pemkab Badung juga sudah menyelesaikan surat edaran yang akan diberikan kepada seluruh stake holder sebagai pre conditioning semua stakeholder yang ada di Kabupaten Badung, sehingga dengan surat edaran ini setidak-tidaknya semua pihak bisa melakukan persiapan untuk melakukan langkah-langkah menyambut budaya hidup baru ini sesuai dengan prosedur protokol Covid-19.

“Sehingga pada saatnya nanti bila sudah ada instruksi dari Bapak Gubernur terkait sektor apa yang dibuka, di wilayah mana, kami di Badung sudah siap dan tinggal melaksanakan, tidak lagi melakukan persiapan,” tandas Wabup Suiasa.

Wakapolda Brigjen Sunartha mengatakan program CSH akan dilakukan secara bertahap mulai Mei hingga Desember 2020 dengan tahapan menyusun pedoman atau standar, sosialisasi, self assessment uji coba dan pelatihan, verifikasi penerapan CSH, koordinasi dan sinergi penerapan serta integrasi stakeholder dengan asosiasi dan pemda, penerapan skema sertifikasi CSH, dan terakhir pembukaan tempat pariwisata secara bertahap saat sudah memungkinkan. Dikatakan, jajaran kepolisian siap mendukung program ini, karena walau dalam kondisi Covid-19 tidak menjadi halangan koordinasi jajaran Kepolisian, TNI maupun pemerintah.

Wakapolda juga minta masukan dari semua pihak terkait pelaksanaan CSH ini sehingga pelaksanaannya nanti berjalan dengan baik. “Terkait dengan pelaksanaannya nanti, kehadiran TNI dan Polri di lapangan sangat penting dalam memberikan bimbingan dan edukasi serta memberikan informasi yang benar tanpa adanya tindakan yang keras,” tandasnya.  *asa

Komentar