nusabali

Antisipasi Kelabakan, Disdikpora Siapkan Skema Protokol New Normal

  • www.nusabali.com-antisipasi-kelabakan-disdikpora-siapkan-skema-protokol-new-normal

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali sedang menyiapkan skema protokol new normal di dunia pendidikan, bilamana diputuskan siswa kembali belajar di sekolah.

Namun sejauh ini, Kadisdikpora Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa mengatakan belum ada kebijakan mengenai apakah siswa sudah mulai bisa ke sekolah pada tahun ajaran baru 13 Juli 2020 nanti.

“Kalau skema protokol kami sudah buat. Masalah terlaksana atau tidak (new normal di dunia pendidikan, red) itu keputusan Gugus Tugas. Supaya nanti tidak gelagapan, disiapkan skemanya dulu,” ungkapnya, belum lama ini.

Masa pandemi Covid-19 membuat masyarakat belum bisa beraktivitas normal. Dalam waktu dekat, juga akan ada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Provinsi Bali telah memutuskan PPDB dilakukan secara daring, mulai dari pendaftaran hingga pengumuman. Bahkan proses verifikasi data juga akan dilakukan online tanpa ada tatap muka. “Karena situasi wabah begini, kami sudah putuskan untuk melakukan PPDB secara daring. Nah, kalau yang daerahnya tempat terpencil dan sulit akses internet, kita akan buka posko di situ. Bisa minta didaftarkan di situ,” jelasnya.

Sekadar diketahui, daya tampung SMA dan SMK di Bali tahun ini sebanyak 78.256, dengan rincian 41.430 di negeri dan 36.826 di swasta. Sementara jumlah siswa SMP yang diprediksi bakal lulus hanya mencapai sekitar 62.260. Secara hitungan, daya tampung yang ada sudah melebihi. Namun, bisa jadi kembali bermasalah jika masih berebut sekolah negeri. *ind

Komentar