nusabali

Enam ODTW Siap Dibuka Kembali, 35 Pekerja Pariwisata Dirapid Test

  • www.nusabali.com-enam-odtw-siap-dibuka-kembali-35-pekerja-pariwisata-dirapid-test

MANGUPURA, NusaBali
Enam objek daya tarik wisata (ODTW) yang ada di Kabupaten Badung dinyatakan siap untuk kembali dibuka.

Hal ini setelah tim verifikasi melakukan pengecekan lapangan melihat kesiapan ODTW menuju tatanan kehidupan era baru. Semua ODTW yang sudah siap untuk dibuka kembali yakni Objek Wisata Sangeh di Kecamatan Abiansemal, Pura Taman Ayun di Kecamatan Mengwi, Air Terjun Nungnung di Kecamatan Petang, Pura Luhur Uluwatu di Kecamatan Kuta Selatan, Pantai Pandawa di Kecamatan Kuta Selatan, dan Pantai Labuan Sait di Kecamatan Kuta Selatan.


Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra, mengatakan semua ODTW yang ada di Kabupaten Badung sudah lulus verifikasi. “Setelah dilakukan pengecekan (ODTW) sudah mempersiapkan diri untuk buka. Jadi sudah lolos verifikasi dan akan mendapat sertifikat,” kata Badra saat dikonfirmasi, Kamis (16/7).

Walau begitu, sertifikat belum bisa diberikan. Pasalnya, belum ditandatangani oleh oleh Bupati Badung. “Sertifikat sudah selesai tapi kami belum bagikan karena belum ada tandatangannya,” aku Badra.

Lantaran sudah mempersiapkan protokol kesehatan, maka semua ODTW dipersilakan jika ingin buka kembali setelah beberapa bulan tutup. “Selain ODTW ada beberapa objek wisata yang juga sudah lolos, seperti vila, hotel, pantai, dan restoran,” ucap Badra sembari mengatakan ada 13 yang sudah lolos verifikasi.

Disinggung mengenai rapid test untuk pekerja di sektor pariwisata di Badung, birokrat asal Kuta, itu mengatakan tetap berjalan. Namun pihaknya tidak merinci berapa orang yang sudah mengusulkan untuk melakukan rapid test.

Secara terpisah, Kadis Kesehatan Badung dr Nyoman Gunarta, mengaku pelaksanaan rapid test untuk pekerja sektor pariwisata mulai dilakukan Kamis kemarin. Pelaksanaan dipusatkan di Wantilan DPRD Kabupaten Badung. “Hari ini (kemarin) mulai dilaksanakan di Wantilan DPRD Kabupaten Badung,” ungkapnya.

Pekerja sektor pariwisata yang melakukan rapid test kemarin adalah mereka yang bekerja pada sejumlah perusahaan yang dinyatakan sudah lolos verifikasi. Nah setelah diajukan oleh Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan hanya memfasilitasinya.

Menurut mantan Dirut RSD Mangusada, itu sampai saat ini sudah ada 35 orang pekerja sektor pariwisata yang melakukan rapid test. “Ada 35 orang yang rapid test. Rencana besok (hari ini) ada lagi. Tapi untuk berapa jumlah perusahaan yang sudah mengusulkan, saya tidak hafal,” tandas dr Gunarta. *asa

Komentar