nusabali

Pariwisata Sumber Devisa Keempat

  • www.nusabali.com-pariwisata-sumber-devisa-keempat

Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara mengatakan, pariwisata menjadi sumber penghasilan ke empat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 13 persen tertinggi dibandingkan industri migas, batubara dan minyak sawit yang pertumbuhannya negatif.

JAKARTA, NusaBali

“Sektor pariwisata menciptakan 9,8 juta lapangan kerja atau sebesar 8,4 persen secara nasional berada di urutan ke empat dari seluruh sektor industri. Pariwisata juga tercatat sebagai pencipta lapangan kerja termurah yakni 5.000 dollar AS per satu pekerjaan, sedangkan industri lain rata-rata 100.000 dollar AS per satu pekerjaan,” ujar Ukus di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Rabu (28/9).
 
Menurut Ukus, tingginya nilai transaksi ari kegiatan pariwisata tersebut menunjukan bahwa pariwisata merupakan leading sector dalam menyumbangkan PDB nasional sebesar 10 persen dengan tren pertumbuhan naik dari 4,8 persen hingga mencapai 9,3 persen. “Ini jauh lebih tinggi dari industri agrikultur, manufaktur otomotif dan pembangunan,” katanya.
 
Ia pun mendorong agar daerah menggelar berbagai festival guna menarik kunjungan wisatawan. Salah satunya di Namlea, kabupaten Buru, provinsi Maluku. Disana memiliki alam bagus untuk menggelar festival yang menarik wisatawan yakni Festival Pesona Bupolo (FPB) yang berlangsung pada 8-12 Oktober mendatang.Menurutnya, FBP adalah upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Maluku, khususnya ke kabupaten Buru.
 
“Kegiatan tersebut juga sekaligus mendukung program Wonderful Indonesaia dan Pesona Indonesia dalam mewujudkan target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 12 juta orang dan  260 juta pergerakan wisatawan nusantara,” jelas Ukus.
 
Sementara Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburuan berharap, FPB bisa menjadi kalender event tahunan nasional dan menjadi media efektif untuk mempromosikan pesona Danau Rana sebagai salah satu destinasi wisata nasional. K22

Komentar