nusabali

Made Urip: Sanjaya dan Edi Wirawan Sama-sama Pengalaman dan Berprestasi

  • www.nusabali.com-made-urip-sanjaya-dan-edi-wirawan-sama-sama-pengalaman-dan-berprestasi

TABANAN, NusaBali
Pilkada Tabanan 2020 dipastikan akan jadi ajang tarung head to head antara I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan vs AA Ngurah Panji Astika-Dewa Nyoman Budiasa.

Ini setelah pasangan IKG Sanjaya-Made Edi Wirawan hampir dipasti-kan akan direkomendasi DPP PDIP sebagai Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tabanan. IKG Sanjaya-Edi Wirawan jadi pilihan PDIP, karena dianggap pengalaman dan berprestasi.

Kepastian akan usung pasangan Sanjaya-Edi Wirawan ini diungkapkan Ketua DPP PDIP, I Made Urip, saat dikonfirmasi NusaBali di sela Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8). Menurut Made Urip, pengumuman pasangan calon untuk Pilkada 2020 serentak 2020 6 daerah di Bali akan dilakukan DPP PDIP, Jumat (28/8) ini.

Khusus untuk Pilkada Tabanan 2020, kata Made Urip, pasangan Sanjaya-Edi Wirawan direkomendasi DPP PDIP dengan berbagai pertimbangan. DPP PDIP menilai IKG Sanjaya sebagai kader berpengalaman di legistatif maupun eksekutif, yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Tabanan dan sekaligus Wakil Bupati Tabanan dua kali periode. Sebagai Ketua DPC PDIP Tabanan, Sanjaya cukup berprestasi.

"Ketika Pileg 2019 kemarin, Sanjaya sebagai Ketua DPC PDIP Tabanan berhasil menambah 7 kursi legistatif. Penambahan itu sangat signifikan dan merupakan sebuah prestasi," jelas politisi senior asal Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan yang sudah lima periode duduk di DPR RI Dapil Bali ini. Berdasarkan fatsun politik, lanjut Urip, kader berprestasi harus diberi penghargaan.

Sedangkan Edi Wirawan, kata Urip, dipilih karena dia kader lama di partai dan berproses di Pilkada Tabanan 2020 melalui penjaringan dari bawah. Edi Wirawan pernah menjadi Ketua Ranting PDIP, Ketua PAC PDIP Kediri, dan kini Wakil Ketua DPC PDIP Tabanan.

Selain itu, Edi Wirawan, politisi asal Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan kelahiran 28 Desember 1978, sudah tiga periode duduk di DPRD Tabanan. "Dia (Edi Wirawan) berasal dari Kecamatan Kediri yang jumlah pemilihnya tertinggi di Kabupaten Tabanan. Ketika menjabat sebagai Ketua PAC Kediri, dia cukup berprestasi," papar Urip.

Dalam Pilkada Tabanan 2020 nanti, pasangan Sanjaya-Edi Wirawan (diusung PDIP-Gerindra) akan tarung head to head melawan AA Ngurah Panji Astika-Dewa Nyoman Budiasa, paket calon yang diusung Golkar-NasDem-Demokrat. Ngurah Panji adalah tokoh asal Puri---Tabanan. Sedangkan Dewa Nyoman Budiasa adalah politisi asal Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan yang kini menjabat Ketua DPD NasDem Kota Denpasar.

Sementara itu, IKG Sanjaya mengaku belum tahu persis siapa paket calon yang direkomendasi DPP PDIP maju tarung ke Pilkada Tabanan 2020. "Saya belum tahu, lihat saja pengumumanya besok (hari ini)," ujar Sanjaya yang akan direkomendasi sebagai Cabup Tabanan saat dikonfirmasi NusaBali di Tabanan, Kamis kemarin.

Yang jelas, Sanjaya sudah menyiapkan Webinar di Kantor DPC PDIP Tabanan untuk menyambut turunnya rekomendasi paket calon hari ini. Dalam Webinar itu, seluruh kader partai diajak menonton pengumuman turunnya rekomendasi sesuai dengan arahan dari Ketua Umum DPP PDIP. “Bahkan, seluruh PAC PDIP se-Tabanan diminta membuka Webinar,” jelas politisi PDIP asal Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan ini.

Sanjaya menegaskan, siapa pun yang nantinya diberikan amanah oleh DPP PDIP sebagai Cabup-Cawabup Tababan, dirinya selaku Ketua DPC PDIP Tabanan siap mengawal dan memenangkannya secara all out. Sementara, seluruh kader PDIP juga dimninta kompak mendukung dan memenangkan paket calon yang diusung partainya. “Yang tidak bekerja, nanti kena sanksi dari induk partai,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kamis kemarin, Made Edi Wirawan enggan memberikan komentar terkait isu dirinya dapat rekomendasi sebagai Cawabup Tabanan dari DPP PDIP. “Saya no comment,” elak anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan tiga kali periode (2009-2014, 2014-2019, 2019-2024) ini. *k22,des

Komentar