nusabali

KMP Munic III Kandas di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-kmp-munic-iii-kandas-di-gilimanuk

Bangkai kapal yang terperangkap arus surut ditarik menggunakan tag boat, namun gagal karena tali sling putus. 

NEGARA, NusaBali
Kapal Motor Penumpang (KMP) Munic III kandas di perairan dangkal lampu merah Gilimanuk, Selasa (11/10) pagi. KMP Munic III cukup lama terperangkap sehingga dilakukan upaya evakuasi terhadap para penumpangnya.

Informasi di lapangan, kapal milik PT Munic Line Jakarta ini berangkat dari Dermaga MB II Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, sekitar pukul 04.33 Wita. Ketika mengarungi lautan di tengah perairan Selat Bali, kapal yang memuat 48 orang penumpang, 23 orang anak buah kapal (ABK), dengan 6 unit mobil pick up, 2 sepeda motor, 1 bus, dan 1 mobil ini, tidak mengalami gangguan apa pun.

KMP Munic III yang dinakhodai Eko Marta tiba di Pelabuhan Gilimanuk sekitar pukul 05.30 Wita dan menunggu giliran sandar di Dermaga MB I. Kapal tersebut kandas saat akan melakukan manuver untuk bersandar di Pelabuhan Gilimanuk. Diduga tidak memperhatikan pasang surut arus, kapal yang mengapung di perairan dekat lampu merah dengan jarak sekitar 300 meter dari Pelabuhan Gilimanuk ini terseret arus pasang. Sialnya, arus pasang tak berapa lama dan mendadak surut sehingga kapal ini kandas.

Manager Usaha Pelabuhan Gilimanuk, Sugeng Purwono memperkirakan kapal bisa cepat dievakuasi jika terjadi arus pasang. Hampir sejam setelah kandas, arus pasang tak kunjung datang sehingga KMP Munic III masih terperangkap. Sekitar pukul 06.40 Wita, diputuskan mengevakuasi 48 orang penumpang di kapal tersebut. Proses evakuasi menggunakan kapal boat dibantu Pol Air serta TNI AL Gilimanuk berlangsung selama dua jam. “Semua penunpang selamat,” ungkap Sugeng Purwono.

Setelah dievakuasi, sejumlah penumpang langsung melanjutkan perjalanan. Mereka yang bawa kendaraan masih menunggu. “Kami kumpulkan di ruang VIP, kebutuhan mereka seperti makan ditanggung pihak perusahan kapal,” ujar Sugeng Purwono. Hingga berita ini diturunkan, KMP Munic III belum berhasil dievakuasi. Arus pasang tidak kunjung tiba, sehingga diputuskan menarik bangkai kapal itu menggunakan tag boat yang didatangkan dari Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Upaya penarikan tidak berjalan mulus. Malah, tali sling yang digunakan sebagai pengikat sampai terputus, sehingga evakuasi dihentikan. “Kami menunggu arus pasang. Tadi waktu ditarik, sebenarnya sempat arus pasang, tetapi arusnya tidak terlalu bagus,” terang Sugeng. * ode

Komentar