nusabali

Mas Sumatri Dieksekusi

  • www.nusabali.com-mas-sumatri-dieksekusi

IGA Mas Sumatri merasa yakin pemecatan dari PDIP akan membuat elektabilitas semakin naik.

Sarjana dan Arjaya Juga Bakal Dipecat dari PDIP

DENPASAR, NusaBali
DPP PDIP akhirnya mewujudkan ancamannya untuk pecat kader yang loncat pagar nyalon kepala daerah ke partai lain dalam Pilkada 2015. Kader pertama yang dieksekusi PDIP, Jumat (20/11), adalah I Gusti Ayu Mas Sumatri, Calon Bupati (Cabup) Karangasem yang diusung NasDem-Hanura-PKPI-Demokrat. Sedangkan dua kader lagi akan menyusul dieksekusi PDIP: I Wayan Sarjana (di Tabanan) dan I Made Arjaya (di Denpasar).

Eksekusi pemecatan IGA Mas Sumatri telah diumumkan Ketua DPD PDIP Bali, Dr Ir Wayan Koster MM, di Kantor Sekretariat DPD PDIP Bali, Jalan Tjokorda Agung Tresna Niti Mandala Denpasar, Jumat kemarin. Mas Sumatri yang mantan anggota Fraksi PDIP DPRD Karangasem dua periode dan Wakil Ketua Bidang Perempuan DPC PDIP Karangasem, dipecat dengan Surat Keputusan DPP PDIP Nomor 64/KPTS/DPP/XI/2015 tertanggal 17 November 2015. Pemecatan Mas Sumatri didahului dengan proses dari pleno DPC PDIP Karangasem, lalu DPD PDIP Bali, lanjut diputuskan DPP PDIP. 

Mas Sumatri sendiri awalnya mengikuti proses penjaringan Calon Bupati (Cabup) Karang-asem melalui partainya, PDIP. Politisi asal Banjar Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem ini juga ikut uji kelayakan dan kepatutan di Kantor Sekretariat DPD PDIP. Namun, dalam perkembangannya, Mas Sumatri ternyata mendaftar sebagai kandidat Cabup Karangasem di partai lain, tanpa pemberitahuan dan seizin PDIP selaku induk partainya.

Mas Sumatri maju berpaket dengan I Wayan Arta Dipa sebagai Cabup-Cawabup yang diusung Koalisi Karangasem Hebat (NasDem-Hanura-PKPI-Demokrat) ke Pilkada Karangasem 2015. Deklarasi Paket MasDipa (Mas Sumatri-arta Dipa) bahkan dilakukan sekitar Mei 2015, jauh sebelum pendaftaran calon ke KPU Karangasem.

PDIP sendiri mengusujng pasangan kombinasi kader-kader, yakni I wayan Sudirta-Ni Made Sumiati alias Paket SMS ke Pilkada Karangasem 2015. nantinya, akan terjadi tarung segitiga di Pilkada Karangasem 2015. Satu pasangan calon lagi adalah I Made Sukerana-I Komang Kisid Yes alias Paket Sukses yang diusung Golkar-Gerindra-PKS.

Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster menegaskan, langkah Mas Sumatri  mendaftar nyalon Bupati Karangasem melalui partai lain sebetulknya sudah disikapi dengan memanggil yang bersangkutan sebanyak dua kali. Selain itu, DPP PDIP juga sempat sekali memanggil Mas Sumatri untuk diminta klarifikasi terkait pencalonan dirinya di partai lain. 

“Yang bersangkutan (Mas Sumatri) mengaku mendaftar melalui partai lain dan menya-takan tetap menjadi anggota PDIP. DPP PDIP dan DPD PDIP menyarankan yang bersangkutan supaya menunggu proses yang berjalan di internal partai di imana masih ada tahapan penjaringan calon, termasuk survei elektibilitas kandidat,” beber Koster dalam jumpa pers di Kantor Sekretariat DPD PDIP Bali, Jumat kemarin. 

“Tapi, dalam proses berjalan itu, Mas Sumatri bersikukuh tak mau menunggu dan tetap memilih jalan untuk meninggalkan PDIP dengan maju ke Pilkada Karangasem lewat partai lain,” lanjut anggota Komisi X DPR RI Dapil Bali tiga kapi periode yang kemarin didampingi Ketua Bappilu DPD PDIP Bali IGN Alit Kusuma Kelakan dan fungsionaris lainnya, I Ketut ‘Boping’ Suryadi ini.

Selanjutnya...

Komentar