nusabali

Pengerjaan Stage Ceningan Capai 70 Persen

  • www.nusabali.com-pengerjaan-stage-ceningan-capai-70-persen

SEMARAPURA, NusaBali
Pengerjaan Panggung Terbuka (stage) di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, kini terus dikebut.

Hingga saat ini perngerjaan proyek tersebut baru mencapai 70 persen lebih. Stage ini dibangun untuk tempat atraksi seni dan budaya baik untuk masyarakat maupun wisatawan. Posisi stage di sebelah selatan Jembatan Kuning,  penghubung antara Pulau Lembongan - Pulau Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Luas bangunan 688 m2 di atas tanah seluas 6,9 are. Pembangunan panggung terbuka didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bernilai Rp 1,9 miliar lebih, dikerjakan CV Cahya Pramana Arta dengan kontrak kerja selama 100 hari kalender.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, pembangunan panggung terbuka ini menjadi pendukung pariwisata di Nusa Penida. Panggung ini nantinya menjadi tempat untuk menampilkan atraksi-atraksi seni dan budaya. “Sebagai pelengkap pariwisata di Nusa Penida, panggung ini akan menyuguhkan garapan seni tradisional maupun kontemporer, ciptaan para seniman Nusa Penida,” ujar Bupati Suwirta, saat meninjau proyek tersebut, Jumat (30/10).

Bupati Suwirta menjelaskan, pembangunan panggung terbuka ini dengan harapan wisatawan yang datang ke Nusa Penida kembali mengalami peningkatan setelah mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bupati minta kepada perbekel untuk menyiapkan kelompok-kelompok seni setempat.

Sebelumnya, proyek ini sempat tertuda karena refocusing anggaran untuk pencegahan penularan dan penanggulangan dampak Covid-19. "Syukurnya, anggaran dikembalikan lagi untuk pembangunan Panggung Terbuka Ceningan ini,” imbuh Bupati Suwirta. *wan

Komentar