nusabali

Bupati Suwirta Bantu Perlengkapan Tidur ODGJ

Tindaklanjuti Program Bedah Kelurahan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-bantu-perlengkapan-tidur-odgj

SEMARAPURA, NusaBali
Ni Nyoman Marni, warga lanjut usia (lansia), menyampaikan rasa syukur dan terima kasih, saat menerima bantuan kasur, bantal, karpet, dan kursi dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Rabu (4/11).

Nyoman Marni merupakan ibu dari kedua anaknya yang berstatus orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) asal Kelurahan Semarapura Kauh, Kecamatan Klungkung, Klungkung.

“Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bapak Bupati Klungkung,” ujarnya saat menerima bantuan yang diserahkan langsung Bupati Suwirta. Nyoman Marni yang juga salah satu KK miskin. Dia tinggal bersama kedua anaknya dalam gangguan jiwa, yakni I Komang Murja dan I Ketut Mundra Yasa. Mereka tinggal di kamar yang kotor penuh dengan pakaian bekas dan barang-barang bekas yang tidak layak pakai.

Kondisi tersebut ditemukan Bupati Suwirta pada saat melaksanakan program Bedah Kelurahan di Kelurahan Semarapura Kauh. “Melihat tempat tidur yang tidak layak sebagai tempat peristirahatan, saya langsung memberikan bantuan kasur, karpet, dan kursi,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati mengatakan bantuan ini sebagai tindak lanjut pada saat melakukan program Bedah Kelurahan di Semarapura Kauh, 27 Oktober 2020. “Hari ini (kemarin, Red) saya perintahkan staf kelurahan, camat, dan warga sekitarnya untuk melakukan bersih-bersih di rumah warga ini. Dengan kondisi rumah yang sudah bersih saya harap kedua ODGJ ini bisa tenang dan nyaman tinggal dirumah," harapnya.

Pada hari yang sama, Bupati Suwirta menyerahkan hasil rehab rumah Ni Nengah Murtini, lansia yang tinggal bersama tiga saudaranya yakni Ni Wayan Darmini, I Nyoman Wurdana, I Ketut Mudana, di Banjar Bucu, Kelurahan Semarapura Tengah. Keluarga tersebut dalam kondisi keterpurukan dengan kondisi ada yang lansia, ODGJ dan tuna wicara

Rumah tersebut diperbaiki dengan program Bedah Rumah selama 10 hari hingga layak huni dengan biaya oprasional Bupati Suwirta. Pengerjaan Bedah Rumah dibantu personel Kodim 1610/Klungkung, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan. “Hari ini (kemarin, Red), kami serahkan rumah ini untuk ditempati kembali Sehingga keluarga Ibu Nengah Murtini tinggal di tempat ini yang sebelumnya membuat pikirannya mumet, minimal kini pikirannya menjadi tenang dan nyaman,” imbuhnya.

Bupati Suwirta juga memberikan bantuan Sepeda untuk Gusti Ayu Selamet Aprianti,14, di Dusun Sarimerta, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Gadis belia yang sukses menjalani operasi jantung ini diberikan hadiah Sepeda gayung untuk sekolah. Bantuan air PDAM, termasuk biaya transport untuk kontrol ke RSUP Sanglah setiap bulan, juga diberikan serta bantuan rehab rumah tahun ini. *wan

Komentar