nusabali

Bupati Suwirta Temui Kapolda Bali

Bahas Pertukaran Aset Polres dan Pemkab

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-temui-kapolda-bali

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menemui Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu, di Gedung Lounge Andalan Polda Bali, Denpasar, Senin (1/2).

Bupati bersama Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra. Pertemuan ini guna menindaklanjuti kunjungan Gubernur Bali Wayan Koster dengan Kapolda Bali dan Pemkab Klungkung, terkait rencana pembangunan Kantor Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian di Nusa Penida.

Pertemuan juga berkaitan dengan penataan yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Wilayah (BPW) Provinsi Bali di dua titik di Kecamatan Nusa Penida, yakni Kampung/Desa Toya Pakeh dan Desa Batununggul.

Bupati Suwirta mengatakan perlu secepatnya menukar aset antara Polres Klungkung dengan Pemkan Klungkung. Sehingga penataan ruang area Pelabuhan Sampalan di Desa Batununggul bisa benar-benar bagus dan maksimal. Lahan Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian seluas 12 are rencananya akan dijadikan ruang terbuka. Sedangkan tanah Pemkab yang juga memiliki luas 12 are di sebelah barat Kantor Camat Nusa Penida, akan dipergunakan sebagai lahan pengganti  Kantor Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian.

Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu menyambut baik rencana pertukaran aset ini demi pembangunan dan penataan Pelabuhan Sampalan yang lebih baik dan maksimal. Apalagi pertukaran aset ini masing-masing memiliki luas yang sama dan pemanfaatannya yang sangat jelas. Selanjutnya Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu memerintahkan jajarannya untuk berkoordinasi dengan Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, membahas lebih lanjut proses administrasi pertukaran aset ini supaya tidak menjadi masalah dikemudian hari.

Guna menindaklanjuti pertemuan ini, rencananya akan dilakukan survei bersama antara tim dari Pemkab Klungkung dan dari Polda Bali ke lapangan. Setelah itu, menyelesaikan administrasi pertukaran aset dan kesepakatan kerjasama kedua belah pihak. Sedangkan untuk pembangunan asrama atau rusun anggota Polri di Nusa Penida akan dituangkan lebih lanjut dalam kerjasama.

Demikian juga lahan untuk Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian di Nusa Lembongan yang segera akan diproses lebih lanjut dengan proses hibah, sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Turut hadir dalam acara ini, Kapores Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa, Kepala Biro Perencanaan Kombes Pol Tjuk Winarko, dan kepala Biro Logistik Kombes Pol Nelson Pardamean Purba, dan lainnya. *wan

Komentar